Wednesday, October 16, 2013

[Video+Tutorial] Regresi Logistik (SPSS vs STATA)

Terimakasih telah berkunjung....

Pada Video yang kedua ini, saya akan bercerita mengenai regresi logistik. Semoga bermanfaat. Terimakasih.

41 comments :

Anonymous said...

exp (B) / odds ratio, exp (B) atau odds ratio, tanda "/" dapat berarti exp(B) dibagi odds ratio. Video yang jauh lebih baik dari video pertama. Terima kasih

Ferdian Fadly said...

Alhamdulillah....meskipun saya tidak mengenal anda. Tapi terimakasih atas masukannya... = D

Anonymous said...

Maaf sy tidak memperkenalkan diri, sy seorang calon statistisi..
Sy ingin bertanya, jika ingin membandingkan 2 garis regresi-> piecewise regression, yg sy pelajari dari piecewise regression adlh dg variabel independen yg diaktegorikan 0,1. Jika sy ingin membandingkan 2 alat ukur terhadap 1 alat ukur yg berbeda, 3 alat ukur tsb sebagai variabel dependennya, apakah piecewise regression tetap dpt diterapkan namun dalam kasus ini titik beloknya/patahannya ada di sumbu y? atau bolehkah dengan y=0,1, sedangkan variabel bebasnya adalah waktu sehingga terdapat dua kali perbandingan?

Ferdian Fadly said...

Contoh yang saya tampilkan menggunakan dummy variabel. Penggunaan dummy variabel merupakan salah satu teknik untuk membandingkan 2 garis regresi. Artinya dapat dilakukan baik untuk dependent variabel yang kuantitatif maupun kualitatif. Apakah ini yang anda tanyakan? terimakasih telah berkunjung.

SALAM
FERDI

Anonymous said...

iya terima kasih kak. Salam kenal, saya Tika STIS 52, postingan kakak bermanfaat sebagai bahan belajar kami.

Ferdian Fadly said...

Alhamdulillah...terima kasih

Anonym said...

The view of this video is clearer than before. Haha
Is there the English version of this video? So, this video can be shared internationally.
I think Abang is quite good to be a broadcaster. Haha...

Ferdian Fadly said...

I hope so...maybe you can help me making this video in English version...

Anonymous said...

assalamualaikum,,
kak saya mau tanya. gimana cara menganalisis data logistik regresion dengan menggunakan program stata yaa kak?

Ferdian Fadly said...

Waalaikumsalam...silahkan melihat video ini di youtube.

Anonymous said...

Selamat malam pak, nama saya Yudhis, saya dapat tugas nih, saya mau nanya, apa tugas saya ini benar dilakukan dengan uji regresi logistik atau tidak, untuk itu boleh saya minta pin BB atau id LINE gitu, supaya bisa mengirimkan datanya. Terima kasih sebelumnya

Ferdian Fadly said...

@yudhis : saya prefer menggunakan email

Unknown said...

Selamat pagi Pak, nama saya Yuna.. saya mau tanya, bagaimana langkah-langkah untuk melakukan uji kesejajaran dan uji keberhimpitan dua garis regresi? mohon bantuannya pak. Terima kasih

Ferdian Fadly said...

@yuna : Parallel lines test maksudnya mbak?

Unknown said...

assalamualaikum, pak saya mau tanya, kan penelitian saya variabel x dan vaiabel y nya masing2 pake indikator,, trus cara input data ke regresi nya bagaimana?

Unknown said...

maaf pak, maksudnya input data ke regresi logistik nya, trus apa kaitannya variabel dummy sama regresi logistik, saya gak mengerti pak..

Ferdian Fadly said...

@shofie : waalaikumsalam shofie...cara inputnya? ya diinput saja...kalau saya dari excel saya copy paste ke spss nya...ingat format desimalnya titik bukan koma...kemudian jangan gunakan separator ribuan...ok...

variabel dummy? variabel boneka...untuk mewakili data nominal misal laki laki perempuan...berisi 1 jika laki laki dan berisi nol bila perempuan...variabel dummy dapat diterapkan sebagai variabel tidak bebas...atau y nya berisi nol dan satu...salah satu model yang bisa digunakan adalah model regresi logistik...

nah, variabel dummy bisa juga digunakan sebagai variabel bebas...nah itu nanti bisa diarahkan ke model regresi dengan variabel dummy....baik itu model regresi linear maupun regresi logistik...

Anonymous said...

selamat pagi pak, saya sakinah saya mau menanyakan jika variabel independennya menggunakan data kualitatif dan kuantitatif apakah harus menggunakan regerensi logistik??
dan apakah regensi logstik bisa digunakan dengan eviews? terimakasi pak

Ferdian Fadly said...

@anonymous: sakinah..regresi logistik digunakan jika variabel dependennya yang kualitatif....ga peduli itu variabel independennya mau kualitatif apa kuantitatif...Eviews Bisa? Bisa

Unknown said...

malam pak maaf saya mau nanya untuk rumus ini bacanya gimana ya pak mohon bantuannya
Ln P/1-P=-6,569 + 1,149 motivasi + 1,142 modal sosial

dan kenapa nilai constant pada regresi logistik biner hasilnya min

Ferdian Fadly said...

@wahid: interpretasinya tidak bisa langsung harus di exp(bheta)...odds ratio... itu konstant negatif, tetapi kalau di exponentialkan itu gak negatif,,,

Unknown said...
This comment has been removed by a blog administrator.
ruangana said...

Mau tanya dong Ka fadly, kalo penelitian pake uji regresi logistik terus ada variabel kontrol cara analisis nya gmn ya?

ruangana said...

Mau tanya dong Ka fadly, kalo penelitian pake uji regresi logistik terus ada variabel kontrol cara analisis nya gmn ya?

ruangana said...

Mau tanya dong Ka fadly, kalo penelitian pake uji regresi logistik terus ada variabel kontrol cara analisis nya gmn ya?

Ferdian Fadly said...

sama saja mbak..diperlakukan sebagai variabel bebas biasa

Anonymous said...

selamat siang pak,
mohon maaf pak, kalo boleh saya request, mohon bantuan bapak untuk posting regresi multinomial menggunakan stata dengan contoh kasus serta cara menginterpretasikannya. terima kasih banyak pak, mohon bantuannya.

Ferdian Fadly said...

@anonymous: saya usahakan ya

Anonymous said...

Halo ka mau nanya, saya mempunyai variabel X ada 6. Variabel X itu masing2 pilihannya 1 dan 0, tapi ada satu variabel X yang pilihannya 1, 2, dan 3. Kalau begitu bagaimana ya ka? Apakah sama saja?

Ferdian Fadly said...

@anonymous..ya sama saja...skala datanya nominal...

Yakhin Do Lalu said...

Mau tanya kak, variabel bebas saya kan ada 6, nah untuk melihat hubungan antar variabel itu dari hasil output yang dihasilkan di spss itu bagaimana ya kak? Dan interpretasi hasil output dr metode regresi logistik biner bagaimana kak? Terima Kasih

Ferdian Fadly said...

@yakhin : silahkan baca blognya ya..

nadhillahhehe said...

Alhamdulillah, terimakasih banyak pak buat videonya sangat membantu dan berguna sekali! Sukses selalu pak

Ferdian Fadly said...

alhamdulillah

Dwi said...

Assalamualaikum ka saya Dwi, saya ingin bertanya bagaimana interpretasi odds ratio untuk video ini ya ka?
Terima kasih

Dwi said...

Atau contoh kasus dengan variabel dependen kategori 0=sehat dan 1=tidak sehat menghasilkan
coef current ratio -0,1640 dan
exp 0,8487
bagaimana intepretasi odds ratio nya ya ka?

Ferdian Fadly said...

http://ferdifadly.blogspot.com/2012/07/interpretasi-output-analisis-regresi.html

Itu link interpretasinya...

kalau untuk kasus Dwi X nya apa? terus refernce kategorinya apa? last atau first?

Dwi said...

Sudah saya buka ka linknya
Kasus saya x nya current ratio, y nya seperti di atas perusahaan sehat dan tidak sehat
reference kategorinya first..
Bagaimana ya ka?
Pengaruh dari tanda + dan - yang membuat saya bingung

Dwi said...

Kak, kalau hasil dari hosmer and lameshow nya di bawah 0,05 apakah ada cara untuk mengatasinya di program eviews?

Ferdian Fadly said...

@dwi...coba cek variabel bebas yang digunakan, ada outlier atau tidak.....terutama untuk X yang kuantitatif tetapi variasi datanya besar banget...... tambahkan variabel bebas....

Dwi said...

Ohh begitu ya kak
Makasih ya atas info dan masukannya

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Web Hosting Coupons