Saturday, June 23, 2012

30 comments :

lives-itself recently said...

numpang belajar ya pak.

Anonymous said...

makasi

Unknown said...

saya juga numpang belajar ya pak hehehe..

Ferdian Fadly said...

Yow...Monggo...Semoga bermanfaat. Terimakasih telah berkunjung.....

Effie said...

Dear Pak Ferdian.

Maaf Pak mau tanya, jika ada multikolinieritas (yang saya cek menggunakan regresi linier) bagaimana cara mengatasinya? sedangkan variabel yang berkorelasi itu merupakan variabel utama saya.. Apakah saya hanya bisa sebatas regresi logistik sederhana saja?

Ferdian Fadly said...

@Alfreda : Pengecekan Multikolinearitas dengan regresi linear? maksudnya apa ya? Banyak cara mengakomodir terjadinya pelanggaran asumsi multikolinearitas, gak harus mereduksi variabel saja koq...

ristika said...

maaf mau tanya, jadi klau dengan analisis regresi logistik toolsnya spss atau dgn eviews jg bisa?
tapi klu data nya panel sebaiknya pake eviews atau gmna si pak mohon penjelasanya.

Ferdian Fadly said...

biar konsisten dengan jawaban dari pertanyaan yang lain...saya biasa menggunakan eviews untuk data time series dan data panel...Sedangkan, saya menggunakan spss hanya untuk data cross section...Namun, saya akan memilih stata, untuk segala macam jenis data...begitupun untuk analisis regresi logistik

Anonymous said...

pak boleh tau referensinya pak?terimakasih

Justamar Kami said...

Thanks so much, it's very helpful Gbu

Ferdian Fadly said...

untuk referensi silahkan baca buku alan agresti, greene...kemudian bisa juga buku hosmer lemeshow...ataupun buku2 regresi lainnya...bisa juga buku cathegorical data analysis...tapi saya lupa pengarangnya...

@justamar : You're welcome.....semoga bermanfaat....

veyconveyor said...

Terima kasih, Pak atas ilmunya

Ferdian Fadly said...

Senang dapat berbagi...terimakasih telah membaca

Unknown said...

numpang nanya pak, jadi kalau kita pakai metode regresi logistik, apa perlu di lakukan uji multikolonearitas dan bagaimana langkah-langkah pengujiannya dengan menggunakan eviews pak? Terima kasih

Ferdian Fadly said...

multikolinearitas : korelasi antar variabel bebas, bisa menggunakan matriks korelasi.....

Unknown said...

Selamat siang pak, saya mau nanya jika variabel bebasnya berskala rasio, variabel terikat skala dummy apakah menggunakan regresi logistik? Terima kasih

Ferdian Fadly said...

@jantri: ya bisa salah satunya mas

Unknown said...

Selamat siang Pak ferdi
Mohon di bantu Pak
Judul skripsi saya 'Pengaruh pengetahuan investasi terhadap Minat investasi mahasiswa'
Kuesioner v. X pakai tes benar salah
Dan v. Y berminat dan tidak berminat
Saya rencana pakai reg. Logistik Pak, apakah sudah tepat jika saya menggunakan regresi logistik Pak?
Variabel X saya, saya hitung jumlah yg benar (skor)
Skor itu masuk ke ordinal ya Pak?
Variabel bebas saya 1 dan variabel terikat 1
Saya hanya pakai uji Parsial wald atau ikut juga simultan pak? Mohon penjelasannya Pak,,
Saya msh bingung
Terima kasih

Ferdian Fadly said...

X nya berarti berapa skor benar nya ya...meskipun bukan sebuah pendekatan yang baik menurut saya bahwa pengetahuan diukur oleh ukuran benar salah saja dari beberapa pertanyaan...karena pengetahuan merupakan sebuah hal yang abstrak...
Namun demikian, dengan ketersediaan data yang ada, terpaksa skor tersebut didekati untuk pengetahuan, it's okay saja menurut saja...dan jika variabel kumulatif skor tersebut tidak diklasifikasikan ulang, data nya tergolong data rasio....

kalau pakai satu variabel doang, keputusan yang dihasilkan biasanya sih tidak berbeda...

Anonymous said...

Pak, bisa tidak mengecek multikolonearitas dg variabel dependen dikotomik, dan 6 variabel independen menggunakan nilai VIF?

Ferdian Fadly said...

@anonymous : ga lazim sih digunakan...tetapi saya seringnya melihat ketidaksignifikan variabel2nya dalam modelnya...kalau banyak yang tidak signifikan sementara modelnya mampu menjelaskan dependennya,, berarti ada variabel2 yang berkorelaasi satu dengan lainnya

Unknown said...

Pak, mau tanya kalau referensi buku regresi logistik dengan eviews apa yah? Makasih pa

Ferdian Fadly said...

@ira : untuk reglog saya menggunakan alan agresti..kalau spesifik menggunakan eviews,,dicoba coba saja mbak

dwi said...

hallo pak, salam kenal saya dwi, mau tanya nih pak data saya cross section dan time series, apakah bisa alat ukurnya pakai eviews saja pak? dan buku eviews yang direkomendasikan buku siapa ya pak? terimakasih sebelumnya

Ferdian Fadly said...

@dwi : bisa....untuk bahasa indonesia,..bayak bukunya di gramedia mbak...saya tidak dapat menyebutkan satu..takut ada yang ga kesebut...

Christine said...

Selamat pagi pak. Saya mau bertanya pada variables in the equation itu ada koefisien Beta dari variabel itu hasilnya negatif sedangkan signifikan itu positif. Kalo begitu bagaimana cara menginterpretasikanmya ya pak

Ferdian Fadly said...

@christine: maaf...boleh saya lihat outputnya?

Unknown said...

Selamat sore Pak ferdi
Mohon di bantu Pak
Judul skripsi saya 'analisis pengaruh rasio keuangan dalam memprediksi financial distress'
Saya rencana pakai reg. Logistik Pak dengan eviews, apakah sudah tepat jika saya menggunakan regresi logistik Pak?
Variabel X saya ada 9 pak,apakah ada alat uji yang lebih cocok lagi pak ?
Mohon penjelasannya Pak,,
Saya msh bingung
Terima kasih

Ferdian Fadly said...

siang...regresi logistik diindikasikan oleh y nya bernilai (0 atau 1, financial distress atau tidak)...tetapi yang jadi soal adalah data perusahaan nya biasa nya beberapa tahun...sehingga regresi logistik yang digunakan adalah regresi logistik menggunakan data panel...

Sinsin said...

pak apakah bisa konsultasi beberapa pengujian yg dipakai dalam analisis regresi logistik biner ?

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Web Hosting Coupons