Friday, May 10, 2013

[DISKUSI] : Mengapa Adjusted R-Square Model Fixed effect sangat besar?

Pernah lihat situasi dimana Adjusted R-squared dari model regresi dengan menggunakan data panel anda sangat besar?? Hingga mencapai 0,9999 atau 99,99 persen?? Apa maknanya?? Apa itu baik untuk model anda?? Atau justru sangat berbahaya terhadap interpretasi atau pemaknaannya??
Berbahaya?? Apa bahayanya memiliki Adjusted R-Squared yang sangat besar bahkan mendekati 0,9999?? Oh iya, sebelumnya Adjusted R-squared nilainya berkisar dari 0 hingga 1. Dimana semakin mendekati 1, maka menunjukkan variabel penjelas (X) yang kita miliki semakin baik menjelaskan variasi dari variabel respon (Y). Contoh : Adjusted R-squared modelnya adalah 0,8579. Maka dapat disampaikan bahwa 85,79 persen variasi yang terjadi pada variabel Y dapat terjelaskan oleh variabel X yang dimiliki, sedangkan sisanya dapat dijelaskan oleh variabel lain.
Back to the topic, bagus dong Adjusted R-squared nya besar, artinya variabel penjelas (X) yang dimiliki model sangat mampu menjelaskan variasi yang terjadi pada variabel respon (Y) nya. Jadi kalau 99,99 persen sudah mampu terjelaskan, berarti tidak butuh variabel tambahan lain dong?? WOW…Luar biasa…Apa benar demikian?? Ciyus?? Hoho…melalui tulisan singkat saya ini saya akan coba menyampaikan sebuah pandangan baru terhadap nilai Adjusted R-squared yang sangat besar tersebut.
Dengan menggunakan data panel, maka konsekuensi yang harus kita lalui pertama sekali adalah tahapan pemilihan model estimasi. Nah, misalkan terpilih model estimasi terbaik adalah model fixed effect. Pada modelfixed effect, terdapat individual effect yang berkorelasi dengan variabel penjelasnya untuk mengakomodir heterogenitas yang terjadi antar individu ataupun cross-nya. Setiap efek individu tersebut merupakan parameter yang tidak diketahui dan akan diestimasi dengan menggunakan teknik variabel dummy (LSDV).
Implikasi dari pengestimasian efek individu tersebut adalah tentu saja R-Squared modelnya jadi membesar. Menurut apa yang saya amati, pengakomodasian heterogenitas antar individu dengan pengestimasian efek individunya (penggunaan fixed effect model) menyebabkan model estimasi yang terbentuk dapat menghasilkan dugaan yang tidak jauh berbeda dengan observasinya. Tapi perlu diingat bahwa, Adjusted R-squared yang dihasilkan pada model fixed effect kita merupakan Adjusted R-squared yang sebenarnya semu.
Kenapa Semu? Karena Variabel penjelas ataupun variabel X nya itu sebenarnya tidak menjelaskan seutuhnya benar-benar sebesar Adjusted R-squared tersebut. Pastilah sebenarnya tidak setinggi 0,9999 tersebut. Variasi dari Dependen pada model tersebut sebenarnya juga dijelaskan oleh efek individu (variabel dummy pada model fixed effect) yang bisa saja menangkap variabel-variabel yang belum kita gunakan pada model kita.
Lanjut, dari apa yang saya baca juga. Fixedeffect model ini seperti pisau bermata dua. Disatu sisi, dia dapat mengakomodir variasi ataupun heterogenitas dari variabel dependennya. Tetapi di sisi lain, konsekuensi kita melakukan estimasi parameter (LSDV) model fixed effect adalah derajat bebas kita berkurang.
Derajat bebasnya berkurang, karena dengan menambah variabel dummy nya artinya kita harus menambah paramater yang harus diestimasi, ya kan?? Perlu diingat bahwa derajat bebas merupakan selisih dari jumlah observasi dikurangi dengan jumlah variabel yang harus diestimasi. Implikasi derajat bebas berkurang tentu presisi model kita menjadi berkurang, kurang efisien (Suatu saat saya akan coba menjelaskan mengapa demikian).
Jadi hati-hatilah menggunakan ataupun memaknai Adjusted R-squared yang besar itu apalagi sangat mendekati 1. Jangan berbangga hati dengan adjusted R-Squared anda yang sangat besar. Perlu diingat, menurut Baltagi, ketika model random terpenuhi asumsinya, sesungguhnya random lebih efisien dari model fixed meskipun dalam kondisi tersebut Adjusted R-squared hasil dari model random ini lebih kecildibandingkan dari Adjusted R-squared yangdihasilkan model Fixed effect.
Mungkin dibutuhkan studi lebih lanjut untuk mengetahui seberapa besar nih sebenarnya peran yang sesungguhnya dari variabel X (tanpa adanya peran efek individu) sebenarnya dalam menjelaskan variabel Y-nya, tapi yang saya dan teman-teman musti yakini adalah nilainya tentu saja bukan setinggi tersebut. Karena jika anda mampu menjelaskan 99,99 persen variasi dari variabel Y, artinya estimasi anda untuk periode yang selanjutnya seharusnya HAMPIR PASTI akan sama dengan yang benar-benar ditakdirkan terjadi oleh Maha Besar, Right??. Padahal kan, belum tentu. Setuju??...*) - Renungan statistik - Ferdi

328 comments :

«Oldest   ‹Older   1 – 200 of 328   Newer›   Newest»
mrhands said...

mantap pak cik yang satu nih..

Ferdian Fadly said...

Hohoho....Pak de lebih mantap www.lawatek.com/2012/12/30/mudah-menghitung-dengan-wolfram-alpha/

Deti Hapsari said...

Hallo Kak Ferdi, baru saja saya kirim pertanyaan saya ke gmail kakak terkait bahasan tulisan kakak ini. mohon bantuannya ya kak, terima kasih sebelumnya

Ferdian Fadly said...

Terimakasih telah membaca...

Nurul said...

kak, mau tanya. kalau pakai model FEM tapi r square kecil sekitar 49 persen apakah masih wajar? karena umumnya kalau pakai model fem nilai r squarenya inggi. Terima kasih atas jawabannya kak.. :)

Ferdian Fadly said...

Apakah fem nya sudah model terbaik? Berapa individu? Berapa periode nya? Apakah variabel x nya signifikan?

Nurul said...

sudah kak, model yang terpilih FEM CS Weight dengan white CS. Individunya 26, periodenya 4 tahun, dari 5 var x yang dipakai cuma 1 yg tidak signifikan. Kira-kira apa penyebabnya ya kak? apa model saya bisa dipakai?

Ferdian Fadly said...

Kalau menggunakan efek individu pada waktunya, bagaimana hasilnya? Apakah variabel yang dimiliki sudah sesuai dengan teori nya?

Nurul said...

oo.. itu saya belum coba kak..
kalo variabelnya sudah sesuai teori kak..

Ferdian Fadly said...

Durbin watsonnya sudah lihat?

Nurul said...

sudah kak, nilainya 2,012. Jadi asumsi nonautokol tidak terlangar. Asumsi normalitas dan nonmultiko juga sudah terpenuhi kak

Ferdian Fadly said...

Woho...mantap..oya..nge run nya pakai stata atau eviews y? Tp mendengar jawabannya, model ini sudah cukup baik...menurut saya...oya...kalau boleh tau y nya apa y? X nya apa? Apa dalam log (x1) dst...atau gimana? Trims

irwan prayasa said...

Selamat sore, saya Irwan. Saya mau tanya. Saya sedang mengerjakan skripsi dengan variabel penelitian bebas 3 variabel, yang terikat 1 variabel. Sampel 34 perusahaan selama 3 tahun, jadi ada 102 data. Ketika saya uji asumsi klasik, semua data saya lolos semua uji. Namun ketika uji hipotesis, nilai adjusted r square saya justru sangat kecil, hanya 1.0%. Sedangkan jurnal-jurnal acuan saya dengan variabel penelitian yang sama (hanya beda di variabel terikatnya saja) punya hasil nilai adj. r square yang besar, rata-rata di atas 40-50%. Mohon pencerahannya. Terimakasih.

Ferdian Fadly said...

Sore, mas irwan...boleh saya lihat struktur data nya dan variabelnya (variabel terikatnya apa, variabel bebas nya apa? mungkin saya bisa bantu), coba dikirim ke ferdifadly@bps.go.id...

Anonymous said...

Asslamu'alaikum mas Ferdian,,
sya anto, ijin tanya mas, kalo model terbaik yang sya temukan adalah random effect, tapi dengan R square yang kecil 0,173859..
dengan ada 2 hipotesis diterima dan 1 ditolak..
apakah model saya ada yang salah mas..?
mohon bantuannya..trimaksih..

Anonymous said...

trimakasih mas..sya sudah dapat jawabannya di page analisis regresi dengan menggunakan data panel punya mas ferdian..

Unknown said...

Maaf , saya mau nanya. Buku baltagi yang digunakan judulnya apa ya? kalo bisa beserta halamannya, mau saya cantumkan sebagai alasan pemilihan model random efek di skripsi saya. terim kasih :)

Amalya R. said...

Selamat Siang Ka Ferdian, aku mau tanya juga nih aku punya permasalahan yang sama seperti @irwan Prayasa , yaitu nilai Rsquared aku cuman 25% sedangkan jurnal acuan diatas 50%. Apa boleh aku kirim data aku ke email Ka Ferdian? Terimakasih sebelumnya

Ferdian Fadly said...

@anto:
Waalaikumsalam,,
Dengan model random effect biasanya R-squarednya memang relatif kecil...jika memang model ini yang terpilih, menurut saya tidak masalah, artinya dengan satu variabel bebas yang signifikan memang baru 17 persen variasi data saja yang mampu terjelaskan toh...kalau memang mau lebih banyak, tentu cari lagi variabel apa yang kiranya cocok..

@amalya : silahkan kalau berkenan

nory said...

Selamat pagi Ka Ferdian, saya mau tanya juga nih saya punya permasalahan yang sama seperti teman-teman diatas , yaitu nilai Rsquared saya cuman 28%, uji t sig semua, tapi uji F nya tidak. padahal sesuai teori seharusnya sig. Apa boleh saya kirim data saya ke email Ka Ferdian? Terimakasih sebelumnya

Ferdian Fadly said...

Ya...coba saya lihat dulu ya

Unknown said...

haii kak mau nanya klo R square nya sangat kecil apakah itu masalah?

Unknown said...

oh ya terus klo durbin watson nya ga normal biasanya kenapa ya? terus cara normalinnya gimana?

terima kasih

Ferdian Fadly said...

@anggraeni : Itu deteksi awal, adanya masalah atau tidak, benarkah angka tersebut aau tidak, yakinkah atau tidak,,hal tersebut dapat dijawab dengan pemahaman kita terhadap penelitian dan metode statiistiknya...

Ferdian Fadly said...

@anggaraeni: oh ya terus klo durbin watson nya ga normal biasanya kenapa ya? terus cara normalinnya gimana? # saya tidak mengerti apa yang ditanyakan

Unknown said...
This comment has been removed by the author.
Ferdian Fadly said...

kurangi variabel bebas...atau kalau random terpenuhi, saya anjurkan menggunakan random effect...

Unknown said...
This comment has been removed by the author.
Ferdian Fadly said...

@nurul huda...silahkan....

Zhafirah said...

Salam kenal mas,
di output regresi multinomial saya ada hasil Exp (B) = 137025613
(CI = 2,615E-9,181E) p value = 0,005
bolehkah variabel independen tsb saya hapus ?
Mohon bimbingannya. Terima kasih

cocholatetd said...
This comment has been removed by the author.
cocholatetd said...

mas pertanyaan saya hampir sama dengan yang lain, R square saya hanya sekitar 25%. padahal di penelitian lain R square bisa mencapai lebih dari 50%.
mohon bantuannya mas. apakah boleh saya kirim data saya ke email anda agar lebih jelas.

Ferdian Fadly said...

@zhafirah : jika memang dirasa keberadaannya cukup mengganggu, silahkan...

@kunti : silahkan...coba kita diskusikan

Anonymous said...

Alamat emailnya apa kak ?,, saya mw nanya ,, saya variabelnya ada 4 bebas ,, dan 1 terikat,, hanya 1 yg ditolak ,,
Menurut uji R2 ,, hanya senilai 6,3% yg mempengaruhi ,,, sisanya 93% d pengaruhi variabel lain

Apakah ada cara untuk membesarkan persentase hasil uji R2 nya ?

Anonymous said...

Maaf sblumnya tdk mencantumkan nama ,, nama saya nia,, saya yg post barusan,, mw nambah pertanyaan lg ,, apakah 6,3% uji R2 itu aneh apa wajar untuk kondisi hipotesis tersbut ? Dan sebenarnya berapa standart minimum persentase dari uji R2 tersebut ? Mohon bantuannya kak��

Anonymous said...

Maaf melenceng ,, mw nanya tentang Uji t ,,, responden106 ( N) , sehingga diperoleh df =n-2 = 106-2 = 104 , sehingga t tabelnya berapa ya kak ,,??

Ferdian Fadly said...

@nia : itu jelas jelas relatif terhadap modelnya yang anda bangun, benar benar penelitinya yang tahu,,,bisa juga dengan merujuk kepada penelitian yang serupa....sangat gak mungkin kita satu satunya orang yang melakukan penelitian tersebut kan...pasti ada peneliti sebelumnya, bagaimana R2 nya mereka...dll dapat juga menajdi pertimbangan

Anonymous said...

Kak ferdian mw tanya tentang analisis linear berganda ,, jika positif tidak ada - pada tabel nya itu tetapi variabelnya tidak berpengaruh diatas 0,05 , mengapa seperti itu ya kak ? Dan apa artinya ? Apa itu dibenarkan dalam penelitian,, mhon petunjuknya kak , thank u

Ferdian Fadly said...

ya...tergantung variabelnya,,,,apakah si variabel bebas memiliki hubungan searah positif...atau sebaliknya..... kalau tidak berpengaruh itu bisa banyak penyebabnya, memang tidak berpengaruh atau spesifikasi modelnya harus diperbaiki...

Unknown said...

pagi pak, nama saya anita
saya mau tanya, nilai adjust r-square saya 97,9%. Dari 6 variabel bebas yang saya masukkan dalam model, hanya 3 variabel saja yang berpengaruh. Sementara jika dilihat dari nilai adjust r-square nya hampir mendekati sempurna. mohon solusinya, jika boleh saya juga ingin mengrim data saya ke email bapak. trimakasih sbelumnya

Ferdian Fadly said...

@anita : saya duga model anda adalah model Fixed effect model
Menurut saya sudah cukup wajar....anda jangan lupa dengan menggunakan fixed, anda menciptakan dummy untuk masing masing individunya yang diduga dan diharapkan dapat menggambarkan spesifik kkarakter masing masing individu,...jadi anda tidak saja menggunakan 6 variabel...tetapi sesungguhnya 6 + jumlah individu -1

han said...

permisi kak , aku punya masalah sama seperti di atas,dimana r square aku cuma 8-10 %.aku sudah coba segala usaha transform, outlayer namun hanya meningkat sedikit ,boleh aku kirim email ke kaka,mohon sangat bantuannya terimakasih

Ferdian Fadly said...

@Han,...sepertinya ini johan ya? ya...sudah saya balas juga
Salam
Ferdi

Diki Arif Rachman Sadikin, SE.Ak., ME. said...

Mas Ferdian perkenalkan nama saya Diki Arif, saat ini saya sedang menyusun tesis. saya ingin bertanya, setelah saya mencoba merunning data dengan e-views melalui uji chow prob chi square < 0,05 begitupun uji hausman prob chi square < 0,05. Kesimpulannya saya pake fixed effect, betulkan ? namun, R squarednya menurut dosen pembimbing terlalu tinggi yaitu 99,97%. apakah betul R square itu bermasalah ?
Bukannya apabila memakai fixed effect hal-hal lain yang tidak dijelaskan oleh variabel dalam model dijelaskan oleh koeffisien spesifik/dummy-nya ?
Mohon pencerahannya, saya betul-betul kebingungan harus seperti apa ?
Oh iya sebagai informasi tambahan, data panel saya dengan time series 9 tahun dan data cross section 25 kabupaten/kota.

Unknown said...

mas perdi saya menganaslisis dengan dua variabel bebas satu pariabel trikat , dengan menganalisis 14 kabupaten, tapi pada hasil nya probabilitas mengunakan FEM hanya satu yang menolak Ho nya atau <0.05, dan juga R square nya hanya 0,25 apa ya mas permasalahan dari data saya sehinga rsqure nya kecil.?? trikasih mohon balasan nya

Ferdian Fadly said...

@mas Diki : Sudah saya balas via email

@risa liswana : boleh saya lihat data dan spesifikasi modelnya...

ayu said...

selamat sore.
saya ayu, mohon bantuannya.
hasil penelitian saya adj R square nya 44,2%.
sementara pembimbing mengharuskan adj R Square nya diatas 70%.
bagaimana cara nya?
mohon bantuannya ferdian.

Ferdian Fadly said...

@ayu : secara teoritis, nilai R-square dapat ditingkatkan dengan penambahan variabel bebas... tetapi untuk bisa memberikan saran lebih spesifik, boleh saya lihat datanya

Unknown said...

Pagi mas, saya sedang melakukan penelitian di bidang sosial jika R square saya hanya mencapai 24 % tetapi pembimbing meminta diatas 50 %. bagaimana cara saya memperbaiki modelny ya? Terimakasih

Ferdian Fadly said...

@rafei : boleh saya lihat spesifikasi modelnya? di email saja....

Unknown said...

Mas ferdi, saya mau nanya, saya sedang melakukan penelitian dengan 5 variabel bebas dan 1 variabel terikat. nilai R squared saya sebesar 93 % sedangkan dari nilai sig 5 variabel bebas hanya satu yang berpengaruh terhadap variabel terikat. apakah hal tersebut wajar ?

Ferdian Fadly said...

@nurul hasanah : saya rasa ada kecendrungan multikolinearitas mbak nurul...boleh saya lihat datanya...

Unknown said...

sudah saya uji dan hasilnya tidak multikol mas. oh iya sudah saya kirim ke email yahoo mas Ferdi ya. terimaksih

Ferdian Fadly said...

@nurul hasanah : sudah saya balas juga via email

Unknown said...

Selamat siang Mas Ferdian, penelitian saya 1 var terikat, 1 var bebas, 1 var moderator dan 3 var kontrol. hasil penelitian adjusted R Square saya rendah mas. Sebelum dengan pemoderasi 0.096 dan setelah moderasi turun menjadi 0.082. Mohon bimbingannya Mas Ferdian, terimakasih

Ferdian Fadly said...

Boleh saya lihat datanya mas qodrat?

Unknown said...

sudah saya kirim ke email yahoo dan gmail mas ferdi, terimakasih

Ferdian Fadly said...

@Qodrat.. sudah saya balas via email...datanya ini data panel..coba pengolahan nya dipelajari dulu...di pengolahan data panel...ada juga pada blog ini

Unknown said...

mas ferdi, saya wina. mau nanya jika adj.R2 saya 40% apakah sudah wajar?

Ferdian Fadly said...

@wina : tergantung kasus, data dan informasi yang digunakan

Unknown said...
This comment has been removed by the author.
Unknown said...

Mas ferdi, saya riche. Mau nanya apa nilai connstant boleh minus? Penelitian saya 1 variabel dependent dan 4 variabel independent. Untuk nilai sig sdh di bawah 0,05 tapi nilai konstantnya -6,077

Ferdian Fadly said...

@riche : ya gapapa....

Unknown said...

Kalau nilai kontant negatif, ada kemungkinan hetero,multikol,tdk normal, dll?

Ferdian Fadly said...

@riche : tidak ada hubungannya ke sana

Unknown said...

Mas ferdy, boleh saya minta tolong di cek hasil output spss saya? Apa uji asumsi klasik saya sudah benar

Ferdian Fadly said...

@riche : boleh saja... 07.5356@gmail.com

Unknown said...

Sudah saya kirim mas, dari richetjandra@gmail.com subjectnya uji regresi dan klasik riche

Unknown said...

Oh ya format word filenya mas

Unknown said...

Buat yg durbin watson responden saya 110, var independennya 4

Ferdian Fadly said...

@riche sudah saya balas

Anonymous said...

Halo mas ferdi,jika 6 variabel hanya menghasilkan adjustd R square 38% apakah tdk apa2?

Ferdian Fadly said...

@anonmous : Apakah variabel tersebut signifikan? kalau...dari berapa variabel? sebenarnya tidak ada masalah dengan hal tersebut...apalagi bukan untuk melakukan forecasting...atau proyeksi ke depan...sekedar ingin mengetahui mana saja variabel yang berpengaruh signifikan...

yuri said...

kak sya yuri, model yg ke pilih fixed effect dgn r2 tinggi 0,98 dan adjusted r2 0,97. ada masalah autokolerasi doank itu gmn???di buku ada cra utk mengatasi autokolerasi. tp liat bcaaan diatas sya jd bngung. variabel independen ada 5 yg 2 gak signifikan atau diatas 0,05.mohon penjelasannya.

Ferdian Fadly said...

@yuri : series nya berapa panjang? pelanggaran asumsi merupakan hal yang sulit dihindari pada data panel,,,namun dapat diakomodir menggunakan struktur varians covarians yang sesuai dan dilibatkan dalam proses estimasinya...

yuri said...

Dibuku nachrowi autokolerasi dpt diabaikan utk MET tp ad cra.transform.dengan AR(p) sdh tidak bermslh.sya gnti dgn satu variabel sya keluarin hslny semua prob.dibwh 5%(signifikan) dengan r2 Dan adjusted r-square 0,98(ttp sma).itu gpp???sya jg mw tnya dibuku literatur yg sya gunakan tidak ad kriteria pengujian hausman.klo dr blog sni jika prob. Diatas 5% dipilih random. Sya ambil literatur dr skripsi kriteriany beda tdk melihat prob. Tp liat chi square statistik < dr chi square tabel dipilih fixed.effect sdngkan klo sblkny dipilih random. Hsl sya dr literatur itu dipilih MET. Tp sya jd ragu krna prob.> 5% stlh liat blog ini.

yuri said...

Selain itu aq pnsrn asumsi klasik ud bnr tow nggak Mis.ud kepilih co,met,tow mer. Saat asumsi klasik Cra yg aq pke itu buka eviews workfile>isi dta Tgl>file>import>diklik>variabel x&y diblok>klik knan equation>ad hsl regresi>resdiual>trus asumsi klasik. Itu ud bnr kan???cma aq kpkrn ap mngkn klo qt kepilih diantra model dta panel bisa lngsng asumsi klsik dr dta panel yg kepilih.

Ferdian Fadly said...

@yuri : Dibuku nachrowi autokolerasi dpt diabaikan utk MET tp ad cra.transform.dengan AR(p) sdh tidak bermslh.
#sebenarnya bukan diabaikan,,,tetapi berbeda dengan regresi linear biasa (ordinary)...pelanggaran asumsi pada data panel dapat diakomodir dengan memilih dan memutuskan struktur varians covarians yang terlibat dalam model, apakah cukup hanya dengan cross section weight ataupun cross section weight dengan SUR....tanpa mengurangi rasa hormat saya pada pak nachrowi,,,untuk literatur data panel berbahasa indonesia, saya rekomendasikan buku pak mahyus ekananda

sya gnti dgn satu variabel sya keluarin hslny semua prob.dibwh 5%(signifikan) dengan r2 Dan adjusted r-square 0,98(ttp sma).itu gpp???sya jg mw tnya dibuku literatur yg sya gunakan tidak ad kriteria pengujian hausman.
# saya rekomendasikan buku pak mahyus ekananda

klo dr blog sni jika prob. Diatas 5% dipilih random. Sya ambil literatur dr skripsi kriteriany beda tdk melihat prob. Tp liat chi square statistik < dr chi square tabel dipilih fixed.effect sdngkan klo sblkny dipilih random. Hsl sya dr literatur itu dipilih MET. Tp sya jd ragu krna prob.> 5% stlh liat blog ini.
# harusnya keputusannya sama saja....hati hati saja menggunakan chi-square harus bisa menghitung derajat bebasnya...dan tidak sama dengan regresi biasa ya....harus dihitung berapa koefisien dan period serta jumlah individu yang digunakan, dan saya yakin keputusannya tidak berbeda

Selain itu aq pnsrn asumsi klasik ud bnr tow nggak Mis.ud kepilih co,met,tow mer. Saat asumsi klasik Cra yg aq pke itu buka eviews workfile>isi dta Tgl>file>import>diklik>variabel x&y diblok>klik knan equation>ad hsl regresi>resdiual>trus asumsi klasik. Itu ud bnr kan???cma aq kpkrn ap mngkn klo qt kepilih diantra model dta panel bisa lngsng asumsi klsik dr dta panel yg kepilih.
# untuk data panel, pengujiannya bukan seperti itu....untuk uji kenomralan, bisa di view residual, setelah equation dibangun....sedangkan untuk asumsi yang lain harus dimunculkan struktur varians covariansnya terlebih dahulu....untuk diuji, apakah varians covariansnya mengadung heteroskedastisias...atau malah bahkan saling berkorelasi antar datanya...

Unknown said...

Selamat Sore Mas ferdian...
saya michael ingin bertanya mengenai skripsi saya...
variabel Dependen : Manajemen Laba
Variabel Independen : Kepemilikan Institusional,Komisaris independen, komite audit dan leverage

pada penelitian terdahulu yang menggunakan SPSS nilai adjusted R-square nya cukup besar

saat saya coba dengan periode 2012-2014, dengan jumlah sampel 57 perusahaan
seluruh variabel independen tidak signifikan dan nilai Adjusted R-square sangat kecil kisaran dibawah 1%...

kira" bisa minta tolong penjelasannya mengapa Adjusted R-Square saya kecil ?
saya sudah mencoba mengganti beberapa variabel independen seperti ROA,ROE,Firm Size,DPR tetapi nilai adjusted R-square masih kecil juga..

mohon diberikan pencerahan pak ferdian...

terima kasih banyak

Unknown said...

sorry pak ferdian ,saya lupa menyebutkan kalau saya memakai eviews 8 utk mengolah data...
terima kasih

Ferdian Fadly said...

@michael japari : data yang anda gunakan sekarang kan 57 perusahaan diamati selama 2012-2014, --> menggunakan data panel...pengolahannya tidak akan sama lagi dengan pengolahan cross section biasa...pengolahan nya disebut regresi menggunakan data panel,,,karakteristik perusahaannya harus muncul dalam modelnya...bisa menggunakan fixed effect ataupun random effect

Unknown said...

@ Pak Ferdian : maksudnya karakteristik perusahaan nya pak ? saya harus menambahkan variabel X nya karakteristik perusahaan ?

iya pak itu data panel... saya sudah coba buang data outlier nya dan sudah uji model... yang terpilih dari hasil uji Langrage multiplier adalah ramdom effect....
pada regresi random effect tidak ada yang signifikan dari uji-T dan nilai adjusted R-2 dibawah 2% (menjelaskan pengaruh x thd y)

padahal di penelitian sblmnya yang menggunakan spss dengan variabel serupa R square nya bagus dan paling tidak ada 1 atau 2 variabel yang signifikan...

mohon penjelasannya pak.. terima kasih

Ferdian Fadly said...

kalau boleh tahu manajemen laba itu skala nya apa? apa baik dan tidak baik, apa berupa angka kuantitif,,,berupa penilaian persen ini itu?

Unknown said...

Salam mas ferdian, saya Gumarang, pada kasus penelitianya hampir sana dengan kasus yang ada di atas. Dari estimasi regresi data panel model fem yg terpilih. R square saya kecil sebesar 36%, uji f signifikan, uji t dari 4 variabel, tidak sig. 2.
Yang ingin saya tanyakan alasannya mengapa ya mas, katena jika saya bimbingan selalu dijawab dengan analogi srperti dalam kadus ini uji f signifikan tapi r square kecil dan di analogikan dengan "ibarat kamu pintar. Tapi nilai nya jelek". Maaf mas mohon pencerahan untuk menemukan alasan dalam kadus saya. Thanks before

Ferdian Fadly said...

@gumarang: hahahaha...analogi dosennya parah banget...berarti dosennya ga pintar, makanya nilai anak muridnya jelek...hahaha...
Secara teori nilai R-Square dapat ditingkatkan
dengan Menambahkan variabel bebas lain yang kiranya dapat mempengaruhi model...
Mengurangi outlier yang kiranya dapat merusak model...
Boleh saya lihat datanya mas gumarang?

Unknown said...

Asslamualaikum ka, mohon pencerahan. Data sy itu time series dengan 2 variabel bebas dan 1 variabel terikat 60 sampel. Data sy terjangkit autokorelasi dan hetedokedastis. Sebelum diobati penyakit autokorel r square sy hanya 0.25. Namun setelah diobati dengan ar(1) r square saya menjadi 0.99, begitu juga dengan cara koreksi autokorel lainnya selalu mendapat r square 0.99. Yang saya tanyakan, 1. apakah model saya bermasalah sehingga demikian? 2.Ada penjelasan khusus terkait r square tinggi pada data time series? Karna banyak yg bahas data panel. Dan 3.mau minta rujukan buku yg menjelaskan jawaban kaka. Terima kasih

Unknown said...

Kak, baru saja saya mengirimkan data dan pertanyaan lewat gmail. Dicek ya kak

Unknown said...

Anda memiliki masalah dalam penelitian, skripsi, tesis, dan disertasi anda?? Kami solusinya..
Kami menyediakan jasa konsultasi olah data statistik
Permasalahan anda akan ditangani dengan cepat oleh para profesional yang kompeten di bidang statistik dan ekonometri.
Software statistik yang biasa digunakan diantaranya
1. SPSS, 2. Stata, 3. E-views, 4. Lisrel, 5. Smart-PLS, 6. Program-R, dsb.

Tunggu apalagi.. Hubungi Kami..
Alkhwrizmi Consultan : 0812 7578 4200
Email : alkhwrizmi@gmail.com
http://alkhwrizmi.blogspot.co.id/

Anonymous said...

maaf mau tanya sumber mengenai alasan r square fem besar diambil dr buku apa ya? terima kasih

Ferdian Fadly said...

@intan setianingtyas said...
Asslamualaikum ka, mohon pencerahan. Data sy itu time series dengan 2 variabel bebas dan 1 variabel terikat 60 sampel. Data sy terjangkit autokorelasi dan hetedokedastis. Sebelum diobati penyakit autokorel r square sy hanya 0.25. Namun setelah diobati dengan ar(1) r square saya menjadi 0.99, begitu juga dengan cara koreksi autokorel lainnya selalu mendapat r square 0.99. Yang saya tanyakan, 1. apakah model saya bermasalah sehingga demikian? 2.Ada penjelasan khusus terkait r square tinggi pada data time series? Karna banyak yg bahas data panel. Dan 3.mau minta rujukan buku yg menjelaskan jawaban kaka. Terima kasih

#Jawab: Data nya series, sebanya 60 series...sudah dicek stasioneritas datanya belum? runninglah data yang sudah stasioner, itu prinsip data series...
June 28, 2016 at 1:09 AM
@Maulia Nurul said...

Kak, baru saja saya mengirimkan data dan pertanyaan lewat gmail. Dicek ya kak
#jawab: sudah saya jawab belum? saya baru aktif kembali, setelah dihantam banyak pekerjaan kantor...

@Annisa Nur Kusuma said...

maaf mau tanya sumber mengenai alasan r square fem besar diambil dr buku apa ya? terima kasih
#Jawab: penambahan variabel bebas akan menyebabkan r square membesar itu jelas ada di buku statistik manapun...dan fem menambahkan dummy variabel ke dalam model sebagai keterwakilan dari karakteritik individu yang bersifat tetap dalam rentang tahun tersebut...

Anonymous said...

Sblmnya maaf saya lala mau tanya klo R2 nya hanya 0.45 tapi 4 vatiabel semuanya signifikan dan nilai durbin watsonnya hanya 1.78 itu gimana ya ?

Ferdian Fadly said...

@anonymous: sejauh ini tak nampak ada masalah

Anonymous said...

Saya pake metode random saya signifikan. Tapi hasil R2nya 0.45 durbin watsonnya 1.78 dan saya ambil metode panel. Yg terdiri dari 40 observasi dan 4 variabel. Dan itu signifikan semua hanya tadi R2 dan durbin watsonnya masih rendah? Apa itu tidak masalah?

Ferdian Fadly said...

@anonymous: saya rasa itu sudah cukup baik R2n nya

Anonymous said...

Maaf mau tanya saya intan saya pakai uji fix dan 4 variabel lolos uji asumsi klasik tetapi yang signifikan hanya satu variabel terhadap variabel dependen. Itu masalah kah? Mohon pencerahannya

Ferdian Fadly said...

@anonymous: Sudah cek struktur varian covariannya mbak intan?

Unknown said...

Pg Pak Ferdian,

mau tanya pak kalau adjusted R2 saya bernilai negatif apa yang sebaiknya dilakukan? ada gk transformasi data ang dapat membantu data saya?

terimakasih

Unknown said...

Pg Pak Ferdian,

mau tanya pak kalau adjusted R2 saya bernilai negatif apa yang sebaiknya dilakukan? ada gk transformasi data ang dapat membantu data saya?

terimakasih

Ferdian Fadly said...

@sri : kurangi variabel bebasnya ya mbak...terutama yang ga penting

Unknown said...
This comment has been removed by a blog administrator.
Unknown said...
This comment has been removed by the author.
Unknown said...

Halo pak ferdian. Saya mau nanya, adjusted r square saya bernilai 19,9%. Variabel x saya 3 dan variabel y 1. Sampel saya ada 33. Apakah adjusted r square bermasalah pak?

Ferdian Fadly said...

@rahmat: r square erat kaitannya dengan variabel yang digunakan...y nya apa, x nya apa?

Unknown said...
This comment has been removed by the author.
Unknown said...

Salam kak maaf mau tanya, olah data saya pake eviews8 data panel. Nah setelah diuji chow sama hausman terpilih model terbaiknya fixed effect, cuma dari regresi panelnya dari 3 variabel x cuma 1 variabel yang signifikan dan yg lain gak signifikan sedangkan R squarenya itu 96%. Itu gimana ya kak? Mohon pencerahannya. Makasih

Ferdian Fadly said...

@afriana: struktur varians covarians nya sudah diuji? apakah model nya hetero? sehingga harus menggunakan cross section weight?

Unknown said...

Sudah kak, tidak ada hetero soalnya tidak ada perbedaan cuma pada R squarenya model FE weighted lebih besar. Apa ada kesalahan di data saya ya? Soalnya penelitian terdahulu masing2 berpengaruh signifikan kak? Makasih

Ferdian Fadly said...

@afriana: Kalau rasanya sudah diuji dan memang tidak berpengaruh signifikan juga,,periksa lagi teori nya apa benar? apa hubungannya X dan Y atau log(X) dan Y?

Fresnel said...

Permisi mas, saya menggunakan data panel hasil R squared 0.081239 artinya sangat rendah. Mohon info itu saya melakukan kesalahan dimana, karena saya sudah ikut semua step yang dijelaskan. Saya menggunakan Eviews 9.

Unknown said...

Video Uji Reliabilitas Cronbach Alpha Menggunakan EVIEWS
www.youtube.com/watch?v=YiMBKcvzkE4
WHATSAPP 085227746673
Analisis Dengan EVIEWS, LISREL, SPSS, AMOS, DLL

Unknown said...

Assalamu'alaikum.,
Perkenalkan saya sumiati mahasiswa semester akhir yg lagi nyusun skripsi.
saya sudah melakukan uji chow tapi saya bingung untuk menentukan apakah model yg d.pilih itu common atau fixed, karena dilihat dari nilai cross sectionnya > 0.05 dan chi squarenya < 0.05.
Yang mau saya tanyakan adalah,
1. ketika uji chow yg d.liat itu nilai cross sectionnya atau chi squarenya??
2. Nah misalkan yg terpilih itu common, langkah apa yg d.lakukan selanjutnya?
Apakah perlu melakukan uji asumsi klasik?

Mohon bimbingannya. Terimakasih

Ferdian Fadly said...

Fresnel Simon said...
Permisi mas, saya menggunakan data panel hasil R squared 0.081239 artinya sangat rendah. Mohon info itu saya melakukan kesalahan dimana, karena saya sudah ikut semua step yang dijelaskan. Saya menggunakan Eviews 9.
# boleh tahu y nya apa, X nya apa ga mas? kemudian N dan t nya berapa?

Sumiati Mia said...
Assalamu'alaikum.,
Perkenalkan saya sumiati mahasiswa semester akhir yg lagi nyusun skripsi.
saya sudah melakukan uji chow tapi saya bingung untuk menentukan apakah model yg d.pilih itu common atau fixed, karena dilihat dari nilai cross sectionnya > 0.05 dan chi squarenya < 0.05.
Yang mau saya tanyakan adalah,
1. ketika uji chow yg d.liat itu nilai cross sectionnya atau chi squarenya??
# Chi -square
2. Nah misalkan yg terpilih itu common, langkah apa yg d.lakukan selanjutnya?
Apakah perlu melakukan uji asumsi klasik?
# kalau yang terpilih common, artinya tidak signifikan ya....periksa asumsi klasiknya
Mohon bimbingannya. Terimakasih

Unknown said...

Kak maaf saya mau tanya. Saya menguji 152 perusahaan dikalikan 3 tahun menjadi 456 data pengamatan. Variabel bebas saya pertumbuhan penjualan, wcto dan size of firm. Kemuadian y nya roe. Yang tidaj signifikan hanya pertumbuhan penjualan terhadap roe. R2 nya hanya 1,9 kemudian saya lakukan outlier menjadi 4,5. Merujuk penelitian terdahulu ada yang besar ada yang kecil. Bagaimana menanggapi tersebut kak? Lalu mau tanya data saya itu time series atau cross section?

Unknown said...

selamat siang kak, nama saya wahyu, saya mau tanya, penelitian saya menggunkan data panel dari 38 kab dengan periode 5 tahun. variabel bebas ada 3 dan variabel terikatnya 1. setelah saya uji, pemilihan model yg tepat pakai random, uji regresinya 2 yg sig, dan 1 yg gk sig. tp nilai r square nya kecil banget kak cuma 5%. itu terus bagaimana kak? apa tidak masalah? soalnya dosen mintanya nilai r square yg tinggi.. terimakasih.

Ferdian Fadly said...

@nurull halimah : data nya, data panel...152 perusahaan yang sama kan diamati selama 3 tahun....kalau r squared nya sih menurut saya ok ok saja....tetapi kalau mau ditingkatkan, coba periksa kembali hubungan variabelnya, apa log-log atau lin-log...dst...

@wahyu : periksa kembali hubungan variabelnya ya

Unknown said...

Mas Ferdian saya ingin bertanya, setelah saya mengolah data dengan e-views mendapat kesimpulannya untuk menggunakan fixed effect, namun, R squarednya menurut dosen pembimbing dan penguji saya terlalu tinggi yaitu 99,95%. Dosen penguji saya menyuruh saya untuk mencoba menghitung ulang menggunakan spss, dan juga menggunakan robust tes untuk menguji kekokohan model,, tapi saya nggak paham apa itu robust test..

Mohon pencerahannya..
sebagai informasi tambahan, data panel saya dengan time series 3 tahun dan data cross section 113 kabupaten/kota.

Ferdian Fadly said...

@dita : sila baca
http://ferdifadly.blogspot.co.id/2013/05/diskusi-mengapa-adjusted-r-square-model.html

Unknown said...

Adjusted r square saya kecil malah under 1%. 5 variabel X dengan sample 70 orang. Dengan total butir pertanyaan 30 butir

Anonymous said...

Mas ferdian penelitian saya data panel menggunakan eviews dan hasilnya menggunakan Fixed dengan adjusted r square mencapai 97% tetapi variabel yang signifikan hanya 3 . bagaimana itu ya mas?

Ferdian Fadly said...

@yokie: sudah diplot dulu belum datanya, periksa lagi modelnya

@Fajar: ya ga kenapa kenapa

Anonymous said...

Maaf mas ternyata salah ketik kemarin, kan saya pakai 5 variabel X dan yang berpengaruh hanya 2 sedangkan yang 3 tdk signifikan. Tetapi nilai adjusted r square saya 97%. Itu karena apa ya, apakah bisa menandakan data saya salah atau bagaimana ya ?

Anonymous said...

Mas ferdian saya kirim email tentang data dan hasil eviewsnya. Tolong di cekin apakah sudah benar. Terimakasih

Ferdian Fadly said...

@fajar: sudah saya balas

Unknown said...

Permisi kak ferdian saya sedang menyusun skripsi dengan data panel. Saya menggunakan metode commond effect karena itu model yg direkomendasukan. Y saya IIT indeks (indek perdagangan intra industri) sementara X saya PDB, PDB per kapita, nilai tukar dan jarak. Hasilnya 2 variabel berpengaruh secara parsial 2 lagi tidak. Secara simultan berpengaruh. Asumsi klasik baik, tetapi r-squarenya hanya 14 persen. Itu kira" bagaimana ya kak?

Unknown said...

Permisi kak ferdian saya sedang menyusun skripsi dengan data panel. Saya menggunakan metode commond effect karena itu model yg direkomendasukan. Y saya IIT indeks (indek perdagangan intra industri) sementara X saya PDB, PDB per kapita, nilai tukar dan jarak. Hasilnya 2 variabel berpengaruh secara parsial 2 lagi tidak. Secara simultan berpengaruh. Asumsi klasik baik, tetapi r-squarenya hanya 14 persen. Itu kira" bagaimana ya kak?

Unknown said...

mas bisa minta tolong penjelasan sedikit ndak, saya kebingungan Karena nilai R Square saya tinggi sebesar 0,970, Sedangkan dalam uji T cuma 4 variabel yg berpengaruh dari 7 variabel bebas seharusnya minimal 6 variabel yg berpengaruh,

Ferdian Fadly said...

@derman : tidak signifikan itu bukan berarti tidak ada pengaruuh...ada pengaruhnya, tetapi tidak cukup signifikan

Ferdian Fadly said...

@putu : cek penelitian sejenisnya, kalau masih relatif wajar, jalan saja

Unknown said...

Saya sudah menambah data sampai 180 titik data hasil r-squarenya 14 persen. Yg dipermasalahkan pembimbing cuma r-squaremya kak :( saya tidak tw harus berbuat apa lagi

Ferdian Fadly said...

@putu: boleh saya lihat datanya

Agustin said...

Mas Ferdian saya mau tanya, bagaimana cara meningkatkan R square pada penelitian? Hasil R square saya hanya 31,4 namun dosen pembimbing saya bilang kalau nilai tsb terlalu kecil. Saya menggunakan 4 variabel bebas dengan 1 variabel terikat. Bagaimana solusi nya @Ferdian Fadly? Terimakasih

Ferdian Fadly said...

@agustin...
1. tambahkan variabel bebas
2. periksa hubungan variabel
3. hilangkan outlier

saify said...

saya mau bertanya... apakah untuk mengetahui besarnya pengaruh variabel untuk data panel harus menggunakan angka Adjusted R-Squared? atau cukup R-Squared ya?

Ferdian Fadly said...

@saify : adjusted R-square

Anonymous said...

Kak ferdi mohon pencerahannya dong kak.
Kata temen saya, apabila Adjusted R nya besar itu akan lebih baik. Tapi saya cuma dpt 20% dgn R Square 23%.

Sudah signifikan semua.
Fhitungnya: 8,171
t utk variabel stres kerja: -3,150, sig: 0.003
t utk variabel motivasi intrinsik: 1,878, sig: 0,066
Scatterplot sm histogram aman.

Apakah data itu sudah aman?
Saya lagi skripsi kak, jadi nyari pencerahan. Apakah itu sudah aman, valid dan sudah bisa lanjut ke uji yg selanjutnya.

Anonymous said...

Boleh dikasih tau emailnya kak? Aku kirimin data nya biar jelas.

Sebelumnya salam kenal kak. Namaku fira.
Ditunggu balesannya ya kak. Makasih:)

My Vision said...

Mas saya sudah bertanya by email, mohon ada balasannya mas terimakasih ...

Ferdian Fadly said...

@anonymous 1 : coba aja lihat penelitian serupa...y nya apa?

@anonymous 2 : 07.5356@gmail.com

@my vision : email nya yang mana satu ya?

Anonymous said...

Kak ferdi aku udah email kaka ya. Mohon bantuannya kak:) email atas nama Shafira Fira. Makasih kak:)

Ferdian Fadly said...

@fira : sudah dibalas

Unknown said...

Mas masih aktif kah ? Aku mau nanya cara meningkatkan nilai R square, hasil yg aku dapat cuma 36%.. Aku ga mungkin nambah variabel bebas, terus ngilangin outlier tuh gimana ? gimana ya mas ? Aku ga ngerti harus diapain lagi datanya..

Unknown said...

Salam kenal mas, aku fika

Ferdian Fadly said...

@unknown : boleh saya lihat datanya?

Unknown said...

aku kirim ke email mas aja langsung ?

Unknown said...

Aku udah kirim ke email yang 07.5356@gmail.com mas, makasih banyak..

Ferdian Fadly said...

@vika : sudah dibalas

ahmad zulfikri said...

Assalamualaikum pak ferdian,
Saya fikri, mau tanya nilai adjusted r square saya hanya dapat 17%, saya menggunakan 2 variabel independen dan 1 variabel dependen. Cara agar nilai adjusted r square bisa diatas 50% tanpa tambah variabel independen lagi gimana yah ?
Saya email hasil rekap kuesioner saya ke email 07.5356@gmai.com yah pak.
Sebelumnya saya ucapkan terima kasih.

Ferdian Fadly said...

Waalaikumsalam..sudah saya jawab via email

Your Music Review said...

Assalamualaikum mas sy syahri, mau nanya r square saya kecil hanya 24,4% dengan hasil regresi
X1 = 0.008
X2 = 0.000
X3 = 0.010
Bisa dikatakan sangat signifikan

Tp kenapa r squarenya kecil ya ?
Kalo sprti itu apakah penelitian tidak layak untuk di-sidangkan?

Your Music Review said...

Mohon bantuannya ya mas

Ferdian Fadly said...

@your music : sudah saya jawab via email

Unknown said...

Assalamualikum Mas saya mau tanya agar nambah r square gimana caranya? Saya menggunakan 2 variabel. 1 variabel dependent(hasil belajr) dan 1 variabel independen(model pmbljrn). Gimana ya agar r square lebih dari 50℅

Ferdian Fadly said...

@Dwi : boleh saya lihat datanya

Unknown said...

Selamat siang mas.
Saya mau tanya, kenapa ya adjusted R square saya ko nilainya kecil hanya sebesar 18,9%
Sedangkan hasil penelitian saya menunjukkan datanya valid, reliabel, normal, tdk terjadi hetero dan multikol.
3 varibel berpengaruh signifikan dan 1 variabel tdk berpengaruh.
Dan nilai uji F nya bagus.
Mohon bantuannya ya mas. Trims.

Ferdian Fadly said...

@ria : boleh saya lihat datanya

Jc said...

kak Ferdian hasil R square saya asli kecil banget hanya 0.04% ., dengan satu variabel bebas dan 1 variabel terikat. itu gimana yah kak.. tpi untuk sejenis penelitianku aku liat dari jurnal sih memang ada yang lebih rendah R squarex hanya 0.03%. itu gmna yah kak , mohon penjelasannya dong. makasi

Ferdian Fadly said...

@nur najiah : boleh lihat datanya dan penelitiannya tentang apa? bisa kirim email di 07.5356@gmail.com

Unknown said...

assalamualaikum, kak hasil R square dan adjusted penelitian saya kok kecil banget ya? nilai R squarenya hanya 10%, sedangkan adjusted nya 6%, sementara dari variabel saya terdapat 2 variabel yang signifikan dari 5 variabel. metode yang saya gunakan model random. mohon penjelasnnya kak

Unknown said...
This comment has been removed by the author.
Unknown said...

Assalamualaikum ka. Saya laras. Saya sudah mencoba otak atik dengan menambah data dan menambah variabel, variabel saya ada 4, 3 independen dan 1 dependen, tetapi r squarenya hanya diatas 30%, apakah data saya salah atau gimana ya ka buat di atas 50%nya? :( mohon pencerahannya 🙏

Apakah saya boleh kirim melalui email data saya kak?

Unknown said...

*saya menggunakan data panel dengan model random ka (karena pada saat pengujian, yang terbaik model random)

Ferdian Fadly said...

@yunita : Menurut saya sih sudah bagus ya...tetapi kalau memang mau dikirim..silahkan saja ke 07.5356@gmail.com

Unknown said...

Assalamualaikum ka ferdian, ka data aku ada 2 independent dan 1 dependen sudah lulus semua uji hanya saja r square kecil sekali 14.2% mohon bantuannya ka bagaimana menaikkan hasil uji r squarr nya, boleh saya kirim email ke kaka ??

Ferdian Fadly said...

Waalaikumsalam....sila..kalau boleh saya bantu..saya bantu... 07.5356@gmail.com

Anonymous said...

Assalamualaikum kak ferdian. Aku sdg mengerjakan skripsi. Hasi adj r squareku kecil sekali kak persentase 7. Apa bs dibantu kak?

Ferdian Fadly said...

@ananda : done

Unknown said...

Ka ferdian aku sudah email data aku..

Anonymous said...

ka, aku juga pnya masalah sama kaya yg lain.. nilai R 59,6%.. R Square aku cuma 35,6%.. Adjusted R square 34%.. variabel independen aku ada 2, PAD(X1) dana perimbangan (X2).. variabel dependen belanja modal (Y).. kira2 mnurut kaka gmn solusinya supaya R square nya bisa di atas 50% tanpa menambahkan variabel bebas ? mohon bantuannya. trima kasih..

Ferdian Fadly said...

@riski : sudah dibalas

@anonymous : saya rasa sih sudah okey...tetapi kalau mau dicoba juga di eviews nya coba running log(y) c log(x1) log(x2)

Unknown said...

Slamat siang mas ferdian
Saya juga memiliki hasil regresi dimana r-squarenya dibawah 20%
Selain menambqh variabel
Apa yg harus saya lakukan
Terimakasih

Unknown said...

Seblumnya saya menggunakan analis jalur kak
Untuk melihat faktor yg mempengaruhi kepuasan kerja dan dmpaknya terhadap kinerja

Ferdian Fadly said...

@Novita : eliminasi outlier bila dibutuhkan

Unknown said...

kak mau tanya, jika nilai R squared mencapai 0,99 bagaimana ya cara menurunkannya agar tidak terlalu tinggi?

Ferdian Fadly said...

@julian : Kurangi variabel bebas yang digunakan

Anonymous said...

Kak ini saya candra, mahasiswa semester akhir yang sedang menempuh skripsi, Saya minta bantuan, saya sudah mengolah data SPSS dan hasilnya R Square nya sangat kecil 18%, ada 6 variabel Independen, dan 1 variabel dependen yang saya gunakan. selain itu hasil variabel yang signifikan positif hanya 1 variabel saja. Mau tanya solusinya gmn ? supaya R square nya naik dan variabel yang berpengaruh juga tidak hanya 1 saja. terima kasih.

Ferdian Fadly said...

@candra : y nya apa X nya apa?

Anonymous said...

Data suda saya kirimkan ke email kakak, X1= ukuran perusahaan x2=likuiditas x3=profitabilitas x4=leverage x5=ukuran dewan komisaris x6=komite audit independen dan y= pengungkapan manajemen risiko perusahaan,R square nya kecil bgt knp ya kak?

Ferdian Fadly said...

@anonymous : sudah saya jawab

Unknown said...

Assalamungalaikum
Ka , sya nurjannah , mahasiswa semester akhir , sya mau tanya nilai r square sya hanya 0,086 , untuk uji F signifikan , untuk uji t , 3 tdk berpengaruh dan 1 berpengaruh
Sya punya 4 VB ka , X1 produk , x2 harga , x3 promosi , x4 tempat , y nya volume penjualan
Mohon dibantu ya ka ,, sya bingung
Kata dosbing suruh d otak atik sya bngung ka
Boleh ga sya kirim email data.a ?
Trimksh

Unknown said...

Oh iya biar r square nya tinggi gimna ya k..
Trimksh

billaaa said...

ka ferdian saya mau tanya, gimana caranya supaya nilai r square nya menjadi tinggi? karna yg saya uji nilai r square nya tersebut hanya 0,132, dan variabel yg saya gunakan independen 4 dan 1 dependen

mohon bantuannya ka ferdi:))

Ferdian Fadly said...

Assalamualaikum
Ka , sya nurjannah , mahasiswa semester akhir , sya mau tanya nilai r square sya hanya 0,086 , untuk uji F signifikan , untuk uji t , 3 tdk berpengaruh dan 1 berpengaruh
Sya punya 4 VB ka , X1 produk , x2 harga , x3 promosi , x4 tempat , y nya volume penjualan
Mohon dibantu ya ka ,, sya bingung
Kata dosbing suruh d otak atik sya bngung ka
Boleh ga sya kirim email data.a ?

# silahkan, ke 07.5356@gmail.com

August 7, 2017 at 1:12 PM
Nur Janah Zhani said...
Oh iya biar r square nya tinggi gimna ya k..
Trimksh

# perbanyak variabel bebas

August 7, 2017 at 1:16 PM
billaaa said...
ka ferdian saya mau tanya, gimana caranya supaya nilai r square nya menjadi tinggi? karna yg saya uji nilai r square nya tersebut hanya 0,132, dan variabel yg saya gunakan independen 4 dan 1 dependen

mohon bantuannya ka ferdi:))

#periksa kembali hubungan variabel bebasnya....

ds said...

maaf sebelumnya ka saya mau tanya mengapa koefisien determinasi saya tinggi teteapi hanya 2 dari 5 yang berpengaruh terhadap variabel Y, koefisien saya mencapai 90% ka, maaf sebelumnya mohon bantuannya ka, terima kasih banyak

ds said...

koefisien determinasi saya mencapai 90% dan variabel yg berpengaruh t hitungnya 2.237 dan 12.038, apakah hasil dari satu variabel mempengaruhi koefisien yang tinggi, mohon bantuannya kaka terimakasih

Ferdian Fadly said...

@dedayev : model fixed effect?

Unknown said...

Mas saya nok mia, model regresi saya fixed effect, tetapi tidak lolos uji asumsi klasik sehingga saya regres dengan model fixed GLS cross section weight
dari 4 variabel independen, hanya 1 yang signifikan sedangkan adj. R2 saya mencapai 99%. Dosen pembimbing saya meminta untuk diobati datanya entah di log atau ln.. Setelah saya lakukan hasilnya masih sama

caranya bagaimana ya mas agar mendapatkan adj. R2 yang sebenarnya?
terima kasih

Unknown said...

Assalamu'alaikum kang, kalau misalkan di random effect model hasil r-squarenya hanya 0,06 bagaimana? Apa itu jelek? Makasih

Unknown said...

Apakah bisa bantu data panel saya supaya r squarenya naik? Makasih

Unknown said...

Apakah bisa bantu data panel saya supaya r squarenya naik? Makasih

Unknown said...

Assalamu'alaikum kang, kalau misalkan di random effect model hasil r-squarenya hanya 0,06 bagaimana? Apa itu jelek? Makasih

Ferdian Fadly said...

@unknown dan Nur Muhammad : Boleh saya lihat datanya

Unknown said...

Sudah saya emailkan kan datanya

Ferdian Fadly said...

@nok : sudah saya jawab

Unknown said...

assalamualaikum kak, saya ulan. Saya mau tanya. Saya sedang mengerjakan skripsi dengan variabel penelitian bebas 3 variabel, yang terikat 1 variabel. Sampel 48 . r square saya kecil kak 31%. bagaimana cara meningkatkan nilai R square nya ya kak?. Terimakasih.

Ferdian Fadly said...

@ulandari : tambah variabel bebas

Unknown said...

Pak cara menghitung adjusted R square itu gimana? misal kalau saya mencari r square (misal 0,594) itu caranya nilai R (0,771 x 0,771 * 100 % ) = 0,594 nilai r square ,tp kalau adjusted r square itu gimana perhitunganya?

Ferdian Fadly said...

@habibie : coba baca ini ya http://www.statisticshowto.com/adjusted-r2/

Yeny Nur Khasanah (YENA) said...
This comment has been removed by the author.
alfa nadia said...

Assalamualaikum kak ferdian
aku mau tanya kak.saya menggunakan random effect dan r squarenya kecil yaitu sebesar 0,2484,sedangkan jurnal acuan diatas 50%. apakah r square segitu normal mas?waktu saya regres ada masalah heterokedastisitas dan autokorelasi. Apa boleh saya kirim data saya ke email Kak Ferdian? Terimakasih sebelumnya

Unknown said...

Assalamualaikum kak ferdian. Saya Ratna sari, sekarang saya lagi buat penelitian. Dan yang saya mau tanyakan, di skripsi uji determinasi itu hasil yang dilihat apakah R square nya atau Adjusted R square? Tolong bantuannya kak. Terimakasih
Wassalamualaikum

«Oldest ‹Older   1 – 200 of 328   Newer› Newest»

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Web Hosting Coupons