Friday, April 19, 2013

[Tutorial E-views] Hausmann Test

Akhirnya bisa kembali berjumpa dengan blog tercinta. Hohoho…mohon maaf sebelumnya baru kembali mem-publish tulisan, karena saya baru menyelesaikan diklat prajabatan dan kemudian dilanjutkan pelatihan bersama ABS (Australian Bureau of Statistics). Jadi hampir 1 bulan saya tidak login ke blogger. Tetapi mudah-mudahan tulisan saya kali ini dapat melengkapi tulisan saya sebelum-sebelumnya terkait dengan pemilihan model estimasi data panel (Fixed vs common vs random effects) yang sempat lama tertunda.
Pada penulisan kali ini saya akan menjelaskan tahapan Hausmann test dengan menggunakan E-views (Untukpenjelasan Hausmann test dapat dilihat di halaman ini). Untuk input data dan pengolahan estimasi telah dijelaskan sebelumnya. Baiklah, tanpa memperpanjang lagi kita langsung capcus ke tahapannya aja.
1.      Diasumsikan teman-teman telah melakukan pengujian signifikansi fixed effect (Kalau belum klik)
2.      Nah untuk pengujian hausmann, yang teman-teman harus pastikan adalah sedang dalam kondisi model random effects.
3.      Pilih view > Fixed/Random Effect Testing > Correlated Random Effects – Hausmann Test


4.      Berikut hasil Output nya

Nilai Prob yang besar dari 0.05 menunjukkan kondisi terima Ho. Dalam hal ini Ho nya adalah Model random lebih baik dibandingkan model Fixed Effect. Sehingga karena nilai prob nya = 0.5682, maka dengan tingkat keyakinan 95% dapat disimpulkan bahwa untuk data yang kita miliki model random effect lebih sesuai digunakan. Mungkin ini dulu, lain kesempatan saya akan menulis kembali. Terimakasih. (Ferdi Fadly)

37 comments :

uLandare said...

Kak Ferdi tambahin tutorial untuk Lagrange Multiplier test donk kak...
yang Breush-Gordfrey itu...
Terima kasih kak...

Unknown said...
This comment has been removed by the author.
Unknown said...

Mas saya mau tanya, kenapa ketika saya menggunakan uji Hausmann, hasil probability-nya mencapai 1.000, dan terdapat note, bahwa uji Hausmann invalid. Bagaimana yaa kalau kondisinya seperti itu.
Terima kasih

Ferdian Fadly said...

Coba kombinasi variabel bebas yang lain dulu mbak fika

Anonymous said...

waktu saya test hausman kok ada tulisan invalid ya , saya harus percaya yang mana ?

Ferdian Fadly said...

@anonymous: coba perbaiki spesifikasi modelnya...berapa banyak cross section nya, berapa banyak variabel bebasnya....namun demikian, pengujian ini hanya alat bantu saja...jika anda bisa memutuskan tanpa alat bantu ini, dan anda yakin dengan hal tersebut, silahkan saja.

Anonymous said...

halo mas Ferdi, saya Ardi. saya ingin memastikan sesuatu dan sedikit bertanya. saya dapat hasil tes hausmannya seperti ini.

Chi-Sq. Statistic =112.342480
Chi-Sq. d.f. = 4
Prob. = 0.0000
dan dibawahnya ada tulisan seperti ini:
** WARNING: estimated cross-section random effects variance is zero.

-saya dapat hasilnya seperti ini, berarti ini karena probnya < 5% berarti pakai fixed effect kan ya?
-yang warning dibawah tulisan itu apakah ya maksudnya? apakah ada kesalahan?
terima kasih. salam

Ferdian Fadly said...

@anonymous : Cross sectionnya apa dan jumlahnya berapa?
Variabel bebasnya apa? ada dummy atau tidak?

Anonymous said...

halo mas Ferdi, menjawab pertanyaan diatas:
cross sectionnya negara2, ada 5. variabel bebasnya ln gdp, ln Terms of Trade, ln Volatilitas dan ln real exchange rate. variabel dependennya ln ekspor. period annual 2000-2013. tidak ada dummy. terima kasih.

Ferdian Fadly said...

Boleh saya lihat datanya @anonymous....

Anonymous said...

@mas ferdy. boleh2. saya email kemana ya?

Ferdian Fadly said...

@anonymous : 07.5356@gmail.com

Anonymous said...

@mas ferdy : mas saya juga paca saat uji hausman , nilai prob 1,000 chi-sqnya 0,0000 dan ada note di bawahnya cross section tes variance is invalid . Hausman statistic set to zero, hal ini knp ya mas ? Tolong pencerahannya mas ferdy makasih

Anonymous said...

mas ferdy terimakasih atas informasinya, saya masih newbie bgt dengan eviews..dummy itu apa mksdnya ya? kemudian variabel bebas ada 3, variabel terikat ada 1, lalu saya mempunyai 14 perusahaan. Ketika saya melakukan uji hausman hasil prob 1.0000 dan ada noted datanya invalis. mohon bantuannya, terimakasih :')

Ferdian Fadly said...

@anonymous1: coba kurangi variabel bebasnya mbak
@anonymous2: seriesnya berapa tahun? coba kurangi variabel bebasnya

Unknown said...

mas ferdi kasus saya sama, saya mendapatkan tulisan pada hausman test ** WARNING: estimated cross-section random effects variance is zero.

untuk cross-sectionnya jumlahnya 5 kabupaten dan kota diy. Variabel bebasnya indeks pembangunan manusia,tingkat pengangguran terbuka, dan pertumbuhan ekonomi mas. boleh tolong dibantu?
terimakasih sebelumnya

si jelek :D said...

Selamat pagi pak Fadly, saya mau bertanya, jika pada hausman test terdapat variabel yang mengandung NA? terima kasih pak sebelumnya

Anonymous said...

Mas, mohon cek email ya.. ada beberapa pertanyaan yang saya tidak mengerti. Mohon bantuan dan pencerahannya. Terima kasih

mauizhotul said...

selamat siang pak, kasus saya juga sama kaya yang diatas ketika saya uji hausman dan itu invalid. variabel independen saya ada 5, kemudian saya menggunakan data panel, time seriesnya dr Jan 2014-Des 2018 kemudian cross sectionnya 5, mohon bantuannya

terima kasih

Ferdian Fadly said...

variabel independen ada 5 cross sectionnya ada 5....coba kurangi variabel bebasnya....atau tambahkan cross sectionnya...

abid said...

halo mas ferdi... saya mendapatkan masalah yang sama dengan anonymous diatas tentang hausman test yang ha
sil probability-nya mencapai 1.000, dan terdapat note, bahwa uji Hausmann invalid. Bagaimana yaa kalau kondisinya seperti itu.

Ferdian Fadly said...

@abid : sama...periksa kembali jumlah variabel nya dulu...variabel independen ada 5 cross sectionnya ada 5....coba kurangi variabel bebasnya....atau tambahkan cross sectionnya...

afri said...

mas ferdi saya juga mendapatkan masalah yang sama dengan mas abid.uda saya ganti variabel bebasnya dan saya coba kurangi variabelnya.tapi nilai probabilitynya masih mencapai 1 dan invalid.bagaimana ya mas.mohon bantuannya mas.trimakasih

Ferdian Fadly said...

@afri...boleh saya lihat datanya?

Unknown said...

Kalo invalid dan ada dummy gimana yaa mas ngerubahnya??

Ferdian Fadly said...

@unknown : dummy nya mewakili individu juga?

Bukan anak sholeha said...

mas ferdi sya mau konsultasi eviews karna masih buta sekali menggunakan eviews. untuk uji hausman saya si prob nya mencapai 1.0000 apa saya bisa kontak ke mas ferdi

Bukan anak sholeha said...

saya mau tanya untuk uji chow saya hasilnya CEM. dan uji lagrange multiplier hasilnya CEM. tetapi ketika uji hausman hasilnya invalid dengan prob 1.0000 dan chi sq statistic nya 00000 dan ada keterangan *cross section test variance is invalid hausman statistic set to zero. dan keterangan *warning estimade cross section random effect variance is zero itu jadinya gimana ya hasilnya. mohon pencerahannya 🙏🏼

Ferdian Fadly said...

@indriani sholeha: berapa variabel bebasnya mbak? ada pakai dummy kah?

Bukan anak sholeha said...

3 variabel bebas mas. tidak pake dummy.

Bukan anak sholeha said...

variabel saya inflasi, suku bunga, solvabilitas.

Ferdian Fadly said...

@indriani ketika fixed vs common kan di chow kan sudah ditunjukkan bahwa tidak signifikan artinya common lebih sesuai....
terus apa gunanya kita uji hausman kalau demikian? kan hausman fixed vs random kan....padahal di pertandingan sebelumnya fixed vs common kan fixed nya sudah kalah....jadi uji yang sebaiknya dilakukan setelah chow adalah uji LM untuk random nya...random vs common...dan yang menang juga common...jadi common aja mbak...

Bukan anak sholeha said...

berarti tidak masalah untuk uji hausman saya yang imvalid?

Ferdian Fadly said...

@indriani : saya tidak mengatakan tidak masalah...yang saya katakan adalah apa pentingnya lagi menguji hausman vs fixed nya? tidak akan merubah keputusan apapun bukan siapapun yang terpilih?

Unknown said...

Maaf Pak saya ingin tanya, kenapa ketika saya menggunakan uji Hausmann, hasil probability-nya mencapai 1.000, dan terdapat note, bahwa uji Hausmann invalid. Bagaimana solusinya untuk hal tersebut Pak?

Ferdian Fadly said...

variabel bebasnya berapa? ada pakai dummy kah? ada pakai cross section weight kah?

Unknown said...

Mas fadly mau nanya, uji hausman saya hasilnya prob. mencapai 1.000 dan terdapat note bahwa cross-section test variance is invalid. Hausman statistic set to zero. Mungkinkah karena variabel saya ada data berulang seperti inflasi, kurs, suku bunga. Sedangkan cross section saya 16 perusahaan selama 5 thn. Minta solusinya mas apakah bisa diperbaiki atau bagaimana ya mas? Soalnya saya udh harus untuk run data...minta pencerahannya mas. Terimakasih

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Web Hosting Coupons