Friday, March 8, 2013

[Tutorial SPSS] Penentuan Variabel Dominan dan Besar Kontribusi Masing masing variabel bebas Regresi

Hoho...Sesuai janji, hari ini saya akan menulis kelanjutan pembahasan Variabel dominan sebelumnya terutama terkait dengan berapa sih kontribusi masing-masing variabelnya dan sebagainya. Ok.


Sebelumnya, mari lakukan run data regresi yang kita miliki. (Lihat kembali Regresi).
Nah tambahannnya adalah dengan men-set metode nya seperti ditunjukkan pada gambar. Biar urut berdasarkan variabel dominannya dapat menggunakan pilihan forward ataupun stepwise (Penjelasan postingan mengenai ini nantinya akan membantu anda menjawab kenapa saya katakan ini akan otomatis diurutkan..tapi sabar ya...=D...)







Setelah itu Ok. Kemudian sekarang Analyze lagi, Correlate > bivariate seperti ditunjukkan dibawah ini







Lalu akan muncul bebarapa output. Nah carilah Output Coefficient dan Correlations seperti ditunjukkan dibawah ini :


Nah, dari output diatas ditunjukkan bahwa variabel X2 masuk lebih dahulu dari variabel X1 kan? Kemudian variabel X3 secara otomatis telah dihilangkan dari model karena tidak signifikan. OK...sekarang kita bicara besarnya kontribusi nya ya...Ok....perhatikan perhitungan berikut :




23 comments :

Fhafhuw said...

selamat pagi pak, saya mau tanya....
bagaimana cara regresi data panel menggunakan SPSS??
apakah ada contoh atau tutorialnya?

Ferdian Fadly said...

Fhafhuw: saya belum buat tutorialnya...tetapi sebenarnya itu penggunaan dummy saja....cuma kita harus buat dummy nya secara manual saja...

Unknown said...

Ada teorinya berdasarkan buku apa mas kalau boleh tau?

Unknown said...
This comment has been removed by a blog administrator.
Anonymous said...

permisi saya mau tanya, ini didasarkan pada teori mana dari buku mana ya ? karna saya belum ketemu teori yang paling benar tentang penentuan variabel dominan, ada yang berdasarkan nilai t, ada yang koefisien juga. mohon bantuannya

Ferdian Fadly said...

@anonymous: saya coba dekomposisi kan nilai R square, seperti yang saya sampaikan diatas

Anonymous said...

gak ada dasar dari buku gitu ya ? untuk dijadikan dasar nya kalo ditanya dosen, untuk tugas akhir soalnya. terima kasih sebelumnya

Ferdian Fadly said...

@anonymous: lali e...saya belum buat bukunya...doain aja ya anonymous... =D

Ir. Cahyadi said...

Permisi bang, numpang nanya donk, hehe
Ketika ada hasil uji t atas 2 variabel yang berbeda arah hubungannya (positif & negatif), bagaimana ya selanjutnya untuk uji dominan
Terima kasih sebelumnya bang

Ferdian Fadly said...

ya coba aja di running

Ummy Zulfa Rahmatin said...

untuk penghitungan variabel dominan apakah ada referensi bukunya kak? thanks

Ferdian Fadly said...

@ummy : saya belum ada referensi untuk ini...ini hanya proses balikin rumus aja sebenarnya

Reza Bayu Firmansyah said...

Selamat pagi Mas Ferdian Fadly mohon maaf numpang nanya mas kalau misalkan setelah dicoba analisis dengan correlate -> bivariate ternyata variabelnya tidak ada yang tereleminasi casenya pada data saya yang jumlah variabelnya tetap 6. Untuk bentuk perjumlahannya seperti apa jadinya? Terima kasih banyak mas atas ilmunya semoga barokah

Ferdian Fadly said...

@reza: saya masih belum mengerti arah pertanyaannya

Unknown said...

Permisi,,, apakah untuk melihat pengaruh yng dominan itu menggunakan nilai beta (standartdized)? Seperti yg saya ketahui pada regresi itu menggunakan nilai b (unstandartdized) bukan beta. Mohon bimbingannya untuk penjelasan nya

Unknown said...

Bagaimana untuk regresi logistik biner untuk menentukan faktor dominannya? Apakah caranya sama?

Unknown said...

bagaimana membuatnya dalam diagram tree

Ferdian Fadly said...

@ ani...standardized hanya digunakan untuk menunjukkan ma yang paling dominannya....kalau untuk interpretasi tetap baca yang unstandardized kok....

@ maya : kalau untuk reglog, agak susah untuk mengatakan caranya sama...karen metode nya kan newton rhapson...bukan least square...

Unknown said...

terimakkasih banyak. Dari sekian tulisan yang saya baca, blog ini yang paling mudah saya pahami dan terapkan.Simple dan praktis.
Sukses selalu..

Ferdian Fadly said...

@unknown : Terimakasih...Aamiin

Anonymous said...

bang nanya kalo misal mau liat aspek dominan yang erpengaruh dari variabel indipenden pada variabel dependen gimana ya?

Ferdian Fadly said...

@anonymous : nah, tulisannya bahas ini...

Unknown said...

Mau nanya itu , itu hasil dpet 742. Ngitungnya gimana yah

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Web Hosting Coupons