Thursday, March 29, 2012

[Tutorial] Generate angka Random dengan WinPepi

Dalam Penelitian kesehatan, biasanya kita akan sering terlibat dengan individu individu yang nantinya akan di kelompokkan oleh peneliti. Terkadang kita bingung, harus memutuskan ini akan masuk kelompok siapa? Ini harus dikasih obat apa? atau dalam bahasa lebih umum, individu ini akan diberi treatmeny apa? Nah, mungkin ini dapat menjadi pengantar dari penjelasan selanjutnya ini.

Berdasarkan
desain penelitiannya, terdapat 3 jenis penelitian (sebagai gambaran awal saja untuk analisis dan kelanjutan penjelasan akan disampaikan di kemudian
hari…trims…^^):
1.       
Cross Section Studies
Dimana dalam pengambilan sampelnya, hanya ditentukan total jumlah sampelnya saja. Misalnya: Ingin diketahui hubungan antara Status Merokok dan status sehat tidak sehat seseorang. Penelitian ini menggunakan 100 sampel, tanpa diketahui dulu siapa yang merokok ataupun siapa yang tidak sehat, dan lain-lain, jadi kondisinya acak saja, tidak perduli situasi atributnya.
2.     
Prospective studies
Dimana dalam pengambilan sampelnya, selain ditentukan total jumlah sampelnya, juga diperhitungkan kondisi awalnya. Misalnya: Ingin diketahui hubungan antara Status Merokok dan status sehat tidak sehat seseorang. Penelitian ini menggunakan 100 sampel, terdiri atas 50 sampel dari yang merokok, 50 sampel dari yang tidak merokok. Situasinya seperti itu ingin diketahui berapa yang tidak sehat dari yang merokok dan yang tidak merokok.
3.     
Retrospective Studies
Dimana dalam pengambilan sampelnya, selain ditentukan total jumlah sampelnya, juga diperhitungkan kondisi akhirnya. Misalnya: Ingin diketahui hubungan antara Status Merokok dan status sehat tidak sehat seseorang. Penelitian ini menggunakan 100 sampel, terdiri atas 50 sampel dari yang sehat, 50 sampel dari yang tidak sehat. Situasinya seperti itu ingin diketahui berapa dari yang tidak sehat yang merokok dan yang tidak merokok.
Pada cross section studies mungkin kita tidak akan mengalami kendala dalam hal alokasi sampel, karena kita hanya akan berhadapan dengan total sampel saja. Tetapi pada prospective dan retrospective studies kita akan berhadapan dengan penentuan alokasi (terkait dengan penentuan jumlah sampel masing-masing kelompok) yang tentu saja harus Random.
Misalnya: ingin diteliti pemberian obat A dan obat B pada 10 orang apakah ada hubungannya dengan status sembuh dan tidak sembuh seorang pasien. Masing-masing kelompok terdiri atas 5 orang. Bisa saja alokasi yang terbentuk berdasarkan urutan pasien adalah sebagai berikut:
A A B A B B A B A B
Nah, itu 10 orang. bagaimana kondisinya kalau sampel pasiennya banyak?? Misalnya 1000 orang. Tentu randomisasi alokasi ini menjadi hal yang bisa jadi sulit dilakukan. Microsoft Excell memang memiliki kemampuan untuk men-generate angka random (dengan menggunakan fungsi Rand() kemudian yang kurang dari 0.5 kita nyatakan grup A, dan selain itu B), namun jumlah alokasi masing-masing kelompok sulit dilakukan control. Pengalaman saya, untuk menemukan alokasi yang saya inginkan (sesuai jumlah alokasinya masing-masing grup) itu cukup lama menggunakan MS. Excell. Hingga seorang teman memperkenalkan saya dengan WINPEPI…=D. 
Dengan WINPEPI kita dapat mengalokasikan sampelnya secara random tetapi dengan jumlah yang sudah ditentukan masing-masing kelompok. Misalnya 150 sampel ingin dibagi dua kelompok. Kedua kelompok sama jumlahnya, artinya 75 sampel masing-masing kelompok. Tahapan melakukan randomisasi dengan WinPepi adalah sebagai berikut:
1.       
Bukalah winPepi yang anda miliki, kemudian pada menu opsi program pilihlah ETCETERA (Miscellaneous Procedures)
2.     
Kemudian pilihlah opsi select A. Randomization (Random Allocation)
3.     
Pilih A3. Balanced Randomization (unstratified). Centang yes, jika memang antar kelompok jumlahnya sama, kemudian tentukan jumlah sampel nya…
4.      
Hasil terlihat seperti dibawah ini, dimana kelompok A dan Kelompok B masing-masing akan berjumlah 75 sampel.
Untuk pertanyaan lebih lanjut, dapat mengirimkan email ke 07.5356@gmail.com dan terimakasih atas kunjungannya....=D

2 comments :

AutoMotor.blogspot.com said...

Saya belum punya eviews 6.. gmn cara dapetinnya..ada link ga pak?

AutoMotor.blogspot.com said...

Saya belum punya eviews 6.. gmn cara dapetinnya..ada link ga pak?

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Web Hosting Coupons