Friday, May 10, 2013

[DISKUSI] : Mengapa Adjusted R-Square Model Fixed effect sangat besar?

Pernah lihat situasi dimana Adjusted R-squared dari model regresi dengan menggunakan data panel anda sangat besar?? Hingga mencapai 0,9999 atau 99,99 persen?? Apa maknanya?? Apa itu baik untuk model anda?? Atau justru sangat berbahaya terhadap interpretasi atau pemaknaannya??
Berbahaya?? Apa bahayanya memiliki Adjusted R-Squared yang sangat besar bahkan mendekati 0,9999?? Oh iya, sebelumnya Adjusted R-squared nilainya berkisar dari 0 hingga 1. Dimana semakin mendekati 1, maka menunjukkan variabel penjelas (X) yang kita miliki semakin baik menjelaskan variasi dari variabel respon (Y). Contoh : Adjusted R-squared modelnya adalah 0,8579. Maka dapat disampaikan bahwa 85,79 persen variasi yang terjadi pada variabel Y dapat terjelaskan oleh variabel X yang dimiliki, sedangkan sisanya dapat dijelaskan oleh variabel lain.
Back to the topic, bagus dong Adjusted R-squared nya besar, artinya variabel penjelas (X) yang dimiliki model sangat mampu menjelaskan variasi yang terjadi pada variabel respon (Y) nya. Jadi kalau 99,99 persen sudah mampu terjelaskan, berarti tidak butuh variabel tambahan lain dong?? WOW…Luar biasa…Apa benar demikian?? Ciyus?? Hoho…melalui tulisan singkat saya ini saya akan coba menyampaikan sebuah pandangan baru terhadap nilai Adjusted R-squared yang sangat besar tersebut.
Dengan menggunakan data panel, maka konsekuensi yang harus kita lalui pertama sekali adalah tahapan pemilihan model estimasi. Nah, misalkan terpilih model estimasi terbaik adalah model fixed effect. Pada modelfixed effect, terdapat individual effect yang berkorelasi dengan variabel penjelasnya untuk mengakomodir heterogenitas yang terjadi antar individu ataupun cross-nya. Setiap efek individu tersebut merupakan parameter yang tidak diketahui dan akan diestimasi dengan menggunakan teknik variabel dummy (LSDV).
Implikasi dari pengestimasian efek individu tersebut adalah tentu saja R-Squared modelnya jadi membesar. Menurut apa yang saya amati, pengakomodasian heterogenitas antar individu dengan pengestimasian efek individunya (penggunaan fixed effect model) menyebabkan model estimasi yang terbentuk dapat menghasilkan dugaan yang tidak jauh berbeda dengan observasinya. Tapi perlu diingat bahwa, Adjusted R-squared yang dihasilkan pada model fixed effect kita merupakan Adjusted R-squared yang sebenarnya semu.
Kenapa Semu? Karena Variabel penjelas ataupun variabel X nya itu sebenarnya tidak menjelaskan seutuhnya benar-benar sebesar Adjusted R-squared tersebut. Pastilah sebenarnya tidak setinggi 0,9999 tersebut. Variasi dari Dependen pada model tersebut sebenarnya juga dijelaskan oleh efek individu (variabel dummy pada model fixed effect) yang bisa saja menangkap variabel-variabel yang belum kita gunakan pada model kita.
Lanjut, dari apa yang saya baca juga. Fixedeffect model ini seperti pisau bermata dua. Disatu sisi, dia dapat mengakomodir variasi ataupun heterogenitas dari variabel dependennya. Tetapi di sisi lain, konsekuensi kita melakukan estimasi parameter (LSDV) model fixed effect adalah derajat bebas kita berkurang.
Derajat bebasnya berkurang, karena dengan menambah variabel dummy nya artinya kita harus menambah paramater yang harus diestimasi, ya kan?? Perlu diingat bahwa derajat bebas merupakan selisih dari jumlah observasi dikurangi dengan jumlah variabel yang harus diestimasi. Implikasi derajat bebas berkurang tentu presisi model kita menjadi berkurang, kurang efisien (Suatu saat saya akan coba menjelaskan mengapa demikian).
Jadi hati-hatilah menggunakan ataupun memaknai Adjusted R-squared yang besar itu apalagi sangat mendekati 1. Jangan berbangga hati dengan adjusted R-Squared anda yang sangat besar. Perlu diingat, menurut Baltagi, ketika model random terpenuhi asumsinya, sesungguhnya random lebih efisien dari model fixed meskipun dalam kondisi tersebut Adjusted R-squared hasil dari model random ini lebih kecildibandingkan dari Adjusted R-squared yangdihasilkan model Fixed effect.
Mungkin dibutuhkan studi lebih lanjut untuk mengetahui seberapa besar nih sebenarnya peran yang sesungguhnya dari variabel X (tanpa adanya peran efek individu) sebenarnya dalam menjelaskan variabel Y-nya, tapi yang saya dan teman-teman musti yakini adalah nilainya tentu saja bukan setinggi tersebut. Karena jika anda mampu menjelaskan 99,99 persen variasi dari variabel Y, artinya estimasi anda untuk periode yang selanjutnya seharusnya HAMPIR PASTI akan sama dengan yang benar-benar ditakdirkan terjadi oleh Maha Besar, Right??. Padahal kan, belum tentu. Setuju??...*) - Renungan statistik - Ferdi

328 comments :

«Oldest   ‹Older   201 – 328 of 328   Newer›   Newest»
Ferdian Fadly said...

@alfa : silahkan

@ratna : adjusted R square...karena sudah di adjust dengan banyaknya variabel...

Unknown said...

Assalamu'alaikum.. Kak, model yang saya gunakan fixed effect, 4 variabel bebaa sama 1 terikat, hasilnya menunjukan r-squared 97% tetapi hanya 2 variabel yang berpengaruh signifikan, apakah itu gaka papa? Mohon minta pencerahannya kan sebagai bahan jawaban apabila nanti ditanyakan saat sidang skripsi..makasih..

Unknown said...

Assalamu'alaikum.. Kak, model yang saya gunakan fixed effect, 4 variabel bebaa sama 1 terikat, hasilnya menunjukan r-squared 97% tetapi hanya 2 variabel yang berpengaruh signifikan, apakah itu gaka papa? Mohon minta pencerahannya kak sebagai bahan jawaban apabila nanti ditanyakan saat sidang skripsi..makasih..

Unknown said...

Selamat Malam Mas ferdian Salam kenal Saya Bastian ,
Uji normaliastnya diatas 0.05
Hasil
mau tanya Hasil adjusted R square 0,072 Terlalalu kecil, bagaimana caranya Mas biar lbih meningkat.
Saya menggunakan Pengukuran variabel Dummy.
X1 Berpengaruh Posistif Terhadp M.Laba
X2 Berpengaruh positif terhdp M.Laba
X3 tidak berpengaruh terhdp M.Laba..
Mohon bantuannya Mas terimakasih..

Anonymous said...

Kak saya mau tanya masalah determinasi adjusted R saya, boleh saya email kakak?

Unknown said...

assalamualaikum kak ferdian, saya tissa, saya mau bertanya, saya melakukan penelitian dengan model REM dan hasil r kuadratnya 0.052, SE regression 1.374 dan durbin watson 1.421. apakah model saya bermasalah pak?

Ferdian Fadly said...

@alan: as I mention it on this post, R squared from fixed effect would be higher than R squared from random effect because you unintentionally provide dummy variables that facilitate the endowment factors of your observations.
Having 2 significant variables is okay if your model purpose is not for forecasting issue.

@sebastianus : Rsquared 0,072 means that 7,2% variation of your dependent variable could be explained well by your independent variables. I think it's okay considering to your case.

@anonymous : feel free for contacting me 07.5356@gmail.com

@tissa : I can't decide it now..can I look at your data?

chokyusnul said...

assalamu'alaikum kak ferdian
bisa minta solusi unruk nilai r square tinggi tapi data tidak signifikan ?
penelitian saya terkait ipm, setelah saya olah, model yg didapat itu fixed effect. nah c untuk ipm kok lebih dari 100 ? padahal nilai maksimal ipm itu 10-100. udah saya coba data di log, tapi nilai c nya malah jadi 5 (dibawah 10).
bagaimana ya, mohon solusinya
terimakasih

Unknown said...

sudah aku kirim kak, mohon bantuannya, terima kasih

Ferdian Fadly said...

@khusnul : sudah saya jawab via email ya

@tissa : ok

Unknown said...

Assalamu'alaikum ka. Klo uji F di eviews pake taraf 5% tapi untuk uji t parsialnya pake 10% gmn ka, bisa ga?
Mohon sekali bantuannya ka🙏

Ferdian Fadly said...

@niken : Kalau di beberapa jurnal itu mbak biasanya ditandai dengan * (alpha 10%) dan ** (alpha 5%)...

Unknown said...

Selamat pagi mas.
Saya mau tanya, kenapa ya adjusted R square saya nilainya kecil hanya sebesar 6.6%
Sedangkan hasil penelitian saya menunjukkan datanya valid, reliabel, normal, tdk terjadi hetero dan multikol.
2 variabel berpengaruh dan 2 variabel tdk berpengaruh.
Dan nilai uji F nya lolos.
Mohon bantuannya ya mas. Terima kasih

Unknown said...

Btw saya data primer mas

Ferdian Fadly said...

@yuli : penelitiannya tentang apa? variabelnya apa saja? kali aja memang segitu variabel yang signifikannya....boleh saya lihat datanya?

Unknown said...

Assalamualaikum mas. Saya mau tanya, kenapa ya adjusted R square saya nilainya kecil hanya sebesar 14,3% itu kira-kira harus di apakan ya mas?
Mohon bantuannya ya mas. Terima kasih

Ferdian Fadly said...

@yuniar : model yang terpilih apa ya?

Unknown said...

Assalamu'alaikum ka mohon bantuannya yaa kakk

Unknown said...

Penelitian syaa menggunakan taraf 10% buat hasilnya signifikan tp saya tudak menemukan alasan berdasarkan teorinya kak. Menurut kaka apa ya alasanbya menggunaka taraf sebesar tsb..🙏

Ferdian Fadly said...

Pernah lihat gak di jurnal itu...ada yang * artinya taraf 10 persen ... ** artinya taraf 5 persen

Unknown said...

Kak data saya 165 observasi menggunakan random effect, tpi adjusted r square hanya 7% lalu apakah data saya dikatakan baik kak? mohon bantuannya kak..Terima kasih

Unknown said...

Saya menggunakan eviews 9

Anonymous said...

Assalamualaikum kak,saya novi sedang mengerjakan skripsi dan mengolah data dengan eviews,saya mau bertanya apakah mungkin adjusted R squared yang negatif bisa ditingkatkan,jika mungkin bagaimana solusinya? Terimakasih

Ferdian Fadly said...

@unknown : tidak bisa dijudge seperti itu juga sih...variabelnya tentang apa? dan apa saja??
@sela : Hmmm...
@anonymous : kurangi variabel bebasnya

Unknown said...

Kl yg variabel dependennya ROA dan PER, variabel independennya IOS, dewan komisaris, leverage dan ukuran perusahaan kak
jadi bagaimana ya kak? Terima kasih

Devi said...

Ka klo nilai reliabel variabel x1 0.720 variabel x2 0.688 variabel y 0.648 tapi r square nya 0.278 itu gimana ya

Devi said...

Ka klo nilai reliabel variabel x1 0.720 variabel x2 0.688 variabel y 0.648 tapi r square nya 0.278 itu gimana ya

Ferdian Fadly said...

Bagaimana apa nyya ya?

Anonymous said...

Kak mau tanya dong kalo misal mau langsung pakai model fixed effects itu kriterianya apa saja yaa. Jadi tidak secara prosedural jika memilih model di regresi data panel.

Ferdian Fadly said...

@anonymous : silahkan baca buku Baltagi...

Anonymous said...

Selamat malam mas saya mau bertanya. Saya lagi bikin penelitian. Pake data panel dan modelnya yang terbaik fixed effect. Tapi r squarenya 99% itu bahaya gak? Terus penjelasan teoritis nya kenapa bisa segede itu gmn? Terus interpretasinya gmn? Semua uji asumsi terpenuhi dan variabel signifikan mohon bantuannya

Ferdian Fadly said...

@dite : silahkan baca tulisan saya
http://ferdifadly.blogspot.co.id/2013/05/diskusi-mengapa-adjusted-r-square-model.html?commentPage=2

Anonymous said...

selamat pagi kak ferdian. saya erna. maaf mau tanya, saya sedang melakukan penelitian. data saya data penel, setelah melakukan uji model, model yang terpenuhi random effect,tapi R square nya hanya 8,7% dan adjusted R square nya 7,2%. dari 4 variabel bebas hanya 2 yang signifikan. dari hasil itu apakah ada yang salah dengan data saya? mohon bantuannya. Terima kasih

Ferdian Fadly said...

@anonymous : terkadang tidak ada yang salah koq...dilihat juga penelitian yang lain dengan variabel yang tidak jauh berbeda...bagaimana hasil mereka?

Unknown said...

Assalamualaikum kak ferdian, saya mau bertanya kak, kalau R squarenya mencapai 100% apa boleh kak ??? Saya sdh 2 kali penelitian hasil R2 nya ttp 100% menggunakan perhitungan spss apa ad solusinya kak ??

Ferdian Fadly said...

jangan sampai juga 100 persen..itu seperti berkorelasi sempurna...
misalnya ya...kita meneliti nih
PDRB suatu daerah merupakan fungsi dari Nilai tambah masing masing kategorinya dari pertanian sampai dengan jasa jasa...terus kita running...itu jelas merupakan perbuatan sia sia...karena PDRB itu memang merupakan penjumlahan dari semuanya....
contoh lain...penelitian tentang produktivitas dengan memanfaatkan produksinya dan luas nya...itu juga perbuatan sia sia..karena rumus produktivitas merupakan produksi/luas nya....

Unknown said...

Kak ferdian, saya mau tanya jika r squared saya sangat rendah hanya 0,02 saja atau 2% bagaimnba cara mengatasinya? Sedangkan saya menggunakan model REM karna saat diuji itu model terbaiknya. Terimakasih

Unknown said...

Mas ferdi, saya mau nanya, saya sedang melakukan penelitian dengan 5 variabel bebas dan 1 variabel terikat. nilai R squared saya sebesar 95 % sedangkan dari nilai sig 5 variabel bebas hanya satu yang berpengaruh terhadap variabel terikat dan tidak terjadi multiol. apakah hal tersebut wajar ?

Unknown said...

kak ferdi maaf saya sudah kirim datanya ke email kakak makasih

Unknown said...

Mas, bantu saya.
Penelitian saya cuma pakai 2 variabel, dan hasilnya tidak signifikan, tapi hasil r squarenya 1,8% apakah nggak papa mas kalau variabel independennya masih mempunyai pengaruh sebesar 1,8%?

Asetia Puti Andini said...

Halo ka Ferdi, semoga masih aktif. Saya sebelumnya mohon maaf ka, mau tanya seperti teman-teman yg lain. Penelitian saya menggunakan REM kak, dgn 3 X dan 1 Y. Ketiganya berpengaruh signifikan dan Rsquare sebesar 44%, apakah sudah baik kak? Mengingat ini juga model REM, terimakasih ka

Unknown said...

Assalamualaikum
Masih bisa bertanyakah ? Ini masih aktifkah?

Unknown said...

Assalamualaikum, masih bisa bertanyakah ??

Unknown said...

Assalamualaikum. Kak ferdian sama mau nanya, adjusted r square saya sangat kecil kak hanya 0,071. Dengan 5 variabel bebas, dan 1 variabel terikat. Untuk meningkatkan nilai adjusted r square nya bagaimana ya kak.

Ferdian Fadly said...

karlina yns said...
Kak ferdian, saya mau tanya jika r squared saya sangat rendah hanya 0,02 saja atau 2% bagaimnba cara mengatasinya? Sedangkan saya menggunakan model REM karna saat diuji itu model terbaiknya. Terimakasih
#### ada banyak solusinya…tambahkan variable yang lebih berpengaruh signifikan salah satunya….

July 23, 2018 at 10:45 PM
Hilmi imlih said...
Mas ferdi, saya mau nanya, saya sedang melakukan penelitian dengan 5 variabel bebas dan 1 variabel terikat. nilai R squared saya sebesar 95 % sedangkan dari nilai sig 5 variabel bebas hanya satu yang berpengaruh terhadap variabel terikat dan tidak terjadi multiol. apakah hal tersebut wajar ?
##### coba dimasukkan satu persatu variabelnya….

August 13, 2018 at 3:19 PM
Hilmi imlih said...
kak ferdi maaf saya sudah kirim datanya ke email kakak makasih
#### sudah saya respon ya

August 13, 2018 at 3:31 PM
Khusna Chusna said...
Mas, bantu saya.
Penelitian saya cuma pakai 2 variabel, dan hasilnya tidak signifikan, tapi hasil r squarenya 1,8% apakah nggak papa mas kalau variabel independennya masih mempunyai pengaruh sebesar 1,8%?
#### periksa kembali variable bebas yang digunakan,,,carilagi variable bebasnya

August 13, 2018 at 11:34 PM
asetia puti andini said...
Halo ka Ferdi, semoga masih aktif. Saya sebelumnya mohon maaf ka, mau tanya seperti teman-teman yg lain. Penelitian saya menggunakan REM kak, dgn 3 X dan 1 Y. Ketiganya berpengaruh signifikan dan Rsquare sebesar 44%, apakah sudah baik kak? Mengingat ini juga model REM, terimakasih ka
### ya saya rasa cukup lah….
August 15, 2018 at 6:19 AM
dew r said...
Assalamualaikum
Masih bisa bertanyakah ? Ini masih aktifkah?
#### mojon maaf baru aktif kembali….

September 29, 2018 at 12:39 AM
dew r said...
Assalamualaikum, masih bisa bertanyakah ??
### masih….

September 29, 2018 at 12:40 AM
Unknown said...
Assalamualaikum. Kak ferdian sama mau nanya, adjusted r square saya sangat kecil kak hanya 0,071. Dengan 5 variabel bebas, dan 1 variabel terikat. Untuk meningkatkan nilai adjusted r square nya bagaimana ya kak.

######## coba eliminasi outlier nya…..
November 6, 2018 at 4:25 PM

Yolanda said...

Kak saya mau tanya, penelitian saya 1 var dependen dan 1 var independen. Model terbaik setelah uji adalah model fixed effect. Namaun dilihat dari uji t berbeda terbalik hasilnya dengn uji f juga r square yang besar. Apakah hanya melihat uji t sajaa tapi r square besar
Terimakasih

Fefe said...

selamat malam, saya febri.. saya ingin tanya nih mas, penelitian saya terdiri dari 1 variabel bebas dan 1 variabel terikat.. hasil r square hanya menunjuk pada angka 3,9% saja sedangkan dosen saya menghendaki minimal 15%.. mohon bantuannya

Unknown said...

Kak ferdian, sya sedang menyusun skripsi dengan penelitian kuantitatif regresi linier berganda, y: aset x1: pdb x2: inflasi x3: sbis rate x4: dependency ratio. Tp ada dalam pengujian ada beberapa masalah. Salah satunya r squarenya yg terlalu tinggi yaitu 98% padahal acuan dr penelitian terdahulunya 45-60% mohon bantuannya

Lisa Anggraini said...

Izin bertanya kak, apakah alasan R square Random effect lebih kecil dibandingkan dengan fixed effect ?

Terimakasih

Unknown said...

Selamat malam ka ferdian..
saya sedang mengerjakan tugas akhir dan ingin bertanya mengapa hasil analisis regresi berganda saya yang menggunakan SPSS menghasilkan nilai R yang tinggi, namun dalam uji F dan t tidak signifikan?
Terimakasih

Unknown said...

assalamualaikum pak. Sy dari malaysia. kurang jelas. sy mahu tanya.significant sy ad 3 daripada 4 iv. kalau r square sy terlalu tinggi 91% , maka perlu explanation sahaja atau perlu buat spurious regression ya? boleh sy minta email pak ferdian?

Unknown said...

minta emailnya ya pak.

Anonymous said...

Assamu'alaikum ka, saya mau tanya, saya meneliti 2 variabel x dan 1 y, dua duanya tidak berpengaruh, adjusted R square nya juga negatif. Apakah ini bakalan jadi masalah? Apakah ada solusinya? .. Saya neliti dgn cross section ka..Terimakasih

Ferdian Fadly said...

@alfa : itu sudah bagus

@ratna: adjusted R square

Rosy said...

Pak saya mau tanya, data saya hasil transformasi ke Ln karen pas uji normalitas gak normal jadi saya trans ke Ln. Untuk uji multikol hetero dan uji hipotesis (t/f) apakah pakai data transformasi atau pakai data aslinya? Terimakasih

Ferdian Fadly said...

@rosy : yang diuji adalah error dari model terakhir

Uliya said...

pak maaf saya uliya saya mau nanya soal skripsi saya, judulnya pengaruh tingkat pendidikan dan kecerdasan spiritual terhadap persepsi etis mahasiswa akuntansi dengan love of monay sebagai variabel intervening, yg ingin saya tanyakan R square Y1 cuma 12% dan Y2 56% untuk menambah R square bagaimana ya? terus penelitian saya menggunakan smartPls

Ferdian Fadly said...

@uliya...Hal paling penting tentu melihat opsi penambahan variabel yang sesuai dengan teori jika memungkinkan...

Mellano said...

Mas ferdian saya juga mengalami masalah seperti yg lainnya nilai r square saya sangat kecil. Saya sudah kirim email ke mas. Mohon diperiksa ya mas mungkinkah ada kekeliruan :( terimakasih mass...

Ferdian Fadly said...

@mellano : baik nanti saya coba bantu lihat

Elisq said...

Assalamualaikum kak ferdian saya elisa sekarang saya sedang mengerjakan skripsi terikait uji saya yg kepilih random effect akan tetapi r square atau adjusted r squarenya kecil dan uji signifikan atau uji tnya mempunyai 2 variabel yang berepngaruh dan 1 tidak signifikan itu bagaimana ya ? Apakah data saya ada yang salah atau bagaimana mohon bantuannya ka atau ada cara lain mentfansformasikannya ? Terimakasih

Ferdian Fadly said...

@elisq: selama random nya, baik tanda dan signifikansi sudah sesuai apalagi hausmannya oke....saya cenderung memilih random...

Sukma said...

Malam mas mau nanyak knp ya adjusted r square saya hanya 32 persen sedangkan tdk ter deteksi penyakit apa apa. Bagaimana ya meningkatkannya

Ferdian Fadly said...

@sukma : model terpilih apa?

Unknown said...

Assalamualaikum . Saya juga mengalami permasalahseperti nurul . Namun diuji normal dan hetero tdk ada penyakit ya . Itu bagaimana ya pak ? Dri 6 variabel hanya 2 yg signifikan padahal r squared 97.2%

Ferdian Fadly said...

@unknown: tentang apa penelitiannya?

Unknown said...

halo bang, saya udah uji untuk pemilihan model jadi kepilih model CEM trus saya pake 4 variabel bebas dan 1 variabel terikat. hanya 1 variabel aja yang signifikan trus adjusted r-square nya hanya 9%. apakah itu tidak masalah bang??

Ferdian Fadly said...

@unknown...boleh lihat datanya?

Charlotte brooklyn said...

Pak, saya mau nanya kalau misalkan r square saya cmn 8% gimana ya pak. Apakah ada solusi nya untuk menaikan r square saya? Uji hetero, multi sudah sesuai semua pak dan variabel independen yg berpengaruh jg ada 3 dari 6 variabel bebas. Oh ya, saya juga menggunakan STATA pak

Apakah ada solusi pak untuk menaikan r square saya? Thankyouuu pak 😀

Ferdian Fadly said...

@charlotte : boleh saya lihat datanya dulu? tentang apa...

Aryaputra W.P said...

Assalamualaikum mas Ferdian.Saya Arya,saat ini saya sedang melakukan penelitian untuk skripsi.. Dari model yang paling bagus model REM merupakan yang terbaik, akan tetapi R-Square saya hanya sebesar 10 persen
Apakah itu artinya hasil saya jelek mas? dan apakah saya diperbolehkan untuk berdiskusi dan mengirimkan data saya ke email mas Ferdian?

Terima kasih

Ferdian Fadly said...

@arya : bandingkan dengan jurnal acuan...10 persen itu gimana...

Putri said...

Selamat sore pak, saya sedang melakukan penelitian tentang CSR dengan variabel X sales growth, ukuran perusahaan dan profitabilitas (ROE). Setelah melakukan uji terpilih fixed effect dan parsialnya semua berpengaruh tetapi adj.R square mencapai 99%. Apakah itu termasuk wajar atau perlu diperbaiki? Terimakasih sebelumnya

Ferdian Fadly said...

@putri : selama bisa terjelaskan...oke oke saja...

Putri said...

tetapi signifikansi saya 0,05 pak,apakah ada kemungkinan untuk mendapatkan adj.R square 99%?

dan saya sudah mencoba untuk melakukan transformasi tetapi hasilnya yang berpengaruh 1 variabel dengan nilai adj.R square sebesar 77%. apakah masih wajar?
terima kasih sebelumnya

Ferdian Fadly said...

Kalau 1 variabel yang berpengaruh sig itu 77 persen...itu mah udah bagus, dari 1 aja mampu 77 persen loh....

Anonymous said...

Assalamualaikum mas ferdian, saya winda aprilia sedang dalam proses pengerjaan skripsi kebetulan nilai R square yg didapat 0,99 . Mohon bantuannya pak, gmna cara mengatasi r square yg tinggi sekali?

Ferdian Fadly said...

pakai fixed mbak winda?

vera said...

Malam ka mau tanya nih, aku kan neliti skripsi dengan 4 variabel X dan 1 Variabel Y, di uji t aku cuma 1 variabel X yg berpengaruh sisanya gak, sedangkan di uji F nya berpengaruh.. Apa itu wajar atau ada kesalahan? R² aku juga cuma 14,5% apa itu masalah??

vera said...

Malam ka mau tanya, saya sedang skripsi dengan meneliti 4 variabel X dan 1 variabel Y, tetapi di uji t saya hanya 1 variabel X yg berpengaruh sedangkan di uji F nya berpengaruh apa itu wajar? Hasil R² saya hanya 14,5% dan sampel saya ada 40 apakah itu ada masalah ka? Mohon penjelasannya terima kasih

Ferdian Fadly said...

@vera : wajar sih menurut saya cuma dari satu variabel signifikan dapat 14,5 persen...tentang apa penelitiannya? kalau agak sungkan bisa langsung dijawab via email...

Unknown said...

Maaf mau tanya, berarti kalau r square adj 99.99 itu buruk dan perlu diganti midel atau bagaimana ya? Terima kasih

Unknown said...

Maaf kak mau tanya kalau misal menemui masalah seperti tulisan ini dimana fem r squarenya 99.99 itu baiknya ganti model atau bagaimana ya kak?

Ferdian Fadly said...

@unknown : saya tidak mengatakan buruk...tapi lebih ke jangan over confident....

irwan prayasa said...

Mas ferdian, terima kasih sudah dijawab. Maaf saya baru balas setelah bertahun2, karena terakhir sudah tidaj aktif buka blog. Permasalahan sudah selesai tidak lama setelah saya berdiskusi dg dosen lain, dan alhamdulillah sudah lulus juga. 🙏

Andrew said...

Mas ferdi, saya mau nanya, saya sedang melakukan penelitian dengan 4 variabel bebas dan 1 variabel terikat. nilai R squared saya sebesar 91 % sedangkan dari nilai sig 4 variabel bebas hanya dua yang berpengaruh terhadap variabel terikat namun 1 variabel memiliki arah negatif. apakah hal tersebut wajar ? Untuk Penjelasannya bagaimana ya mas? Model yang terpilih adalah FEM. Terimakasih mas.

Andrew said...

Variabel X nya yaitu Profitabilitas (ROA), likuiditas (CR), kebijakan hutang (DER) dan Keputusan Investasi (Total Asset Growth) dan Y nya Nilai Perusahaan. Saya jg sudah email mas

Ferdian Fadly said...

@andrew...wajar2 saja..detailnya ada jawaban pada email...

Andini said...

Selamat Mala Ka, saat ini saya sedang menyusun skripsi, saya mau tanya adjusted R Square saya sebesar 99,6% menggunakan uji chow dan hausman yang terpilih adalah fixed effect model padahal dalam hasil pengujian saya dari 3 variabel independen hanya 1 yang signifikan(berpengaruh). Dan kata dosen saya itu berarti bermasalah dengan adjustednya karena seharusnya tidak mendekati 100%. Apakah bisa tolong dijelaskan kenapa hal tersebut dapat terjadi? Saya sudah check ulang data yang saya input dan benar sesuai dengan laporan tahunan bank yang saya jadikan sampel. Sebelumnya saya ucapkan terima kasih

Ferdian Fadly said...

@unknown : boleh jadi modelnya kena heteroskedastisitas dan autokorelasi yang menyebabkan perolehan model underestimated....pasang cross section weight nya untuk mengakomodir hal tersebut....saat kondisi Fixed Effects

Ferdian Fadly said...

@unknown : boleh jadi modelnya kena heteroskedastisitas dan autokorelasi yang menyebabkan perolehan model underestimated....pasang cross section weight nya untuk mengakomodir hal tersebut....saat kondisi Fixed Effects

Andini said...

Saya telah melakukan uji heteroskedastisitas dan hasilnya lolos. Saya menggunakan data yang di Ln kan ka, apakah itu sangat berpengaruh? Atau harus diinput data aslinya?

Ferdian Fadly said...

@unknown: boleh saya lihat data aslinya?

Andini said...

Boleh ka, sudah saya emailkan di gmailnya ka. Mohon untuk dapat di cek. Sebelumnya terima kasih

Ferdian Fadly said...

@andini : sudah saya respond ya...

Isty said...

Assalamualaikum selamat sore ka, saya mau tanya saya menggunakan data panel dengan pengujipe terbaik FEM namun R2 saya besar sekali 0,992636 ini sedang ada 1 variabel yang tidak sigsignifi ini bagaibaga mengatasinya ya ka? Mohon bantuannya terima kasih

Ferdian Fadly said...

@isty...ya gapapa...cuma kamu sadar benar bahwa R square itu tinggi sekali bukan hanya akibat menggunakan variabel sebanyak k variabel bebas...melainkan ditambah dengan n-1 dummy variabel...

Andrew said...

Mas mau nanya penjelasan tentang hubungan Dummy variabel pada model Fixed Effect mas. Knpa dummy variabel bisa mempengaruhi tingginya R-square pada Fixed Effect. Terimakasih mas

Ferdian Fadly said...

@andrew : penggunaan fixed effect akan membawa konsekuensi pada penggunaan variabel dummy yang otomatis muncul dalam rangka merepresentasikan efek tetap yang dimiliki oleh masing-masing individu,...dengan menambah variabel bebas otomatis presisi terhadap model akan meningkat juga yang diindikasikan oleh nilai R squared...mudah2an cukup menjelaskan

Tangkai Pena Mawar said...

Assalamualaikum kak, saya merasa janggal dengan model fixed effect hasil r square yang mencapai 88, sedang tidak ada variabel yang berpengaruh, kira2 ini kenapa ya?

Ferdian Fadly said...

@tangkai pena mawar: coba kasih cross section weight...kemungkinan kena pelanggaran heteroskedastisitas dan autokorelasi....menyebabkan koefisien model underestimate

Unknown said...

assalamualaikum kak feedian. izin bertanya🙏 saya maulidia mhs smster akhir. ingin bertanya mengenai adj.r square yg diolah dengan eviews. hasilnya hanya 16% saja. kira2 untuk meningkatkan nya bagaimana yah? saya mengujinya dengan ECM domowitz el badawi

Ferdian Fadly said...

waalaikumsalam...penambahan variabel yang sesuai bisa menggambarkann
y nya....boleh saya lihat datanya dulu mbak

Unknown said...

Assalamualaikum kak saya mau tanya mengenai adj. R Squared. jadi data saya time series ada 5 variabel independen dan 1 variabel dependen tapi adj r squarednya hanya 16% itu kenapa ya kk? saya menguji dengan menggunakan eviews. saya udah tambah variabel masih sama saja kak hasilnya kecil

Ferdian Fadly said...

waalaikumsalam....periksa teorinya lagi...plot variabel nya kembali...bagaimana hubungannya.... sejauh ini itu yang bisa saya sarankan...untuk saran lebih konkrit mungkin bisa saya berikan..jika saya melihat datanya terlebih dahulu,...

Unknown said...

Lalu ka untuk interpretasi nya di penjelasannya bagaimana ya?

Ferdian Fadly said...

@unknown : apa ini unknown yang sama? kalau misalnya penelitian lain juga menghasilkan hasil yang serupa sekitar belasan persen juga..ya ga masalah..apalagi kalau orientasi penyusunan model bukanlah untuk prediksi...melainkan cuma mengetahui hubungan....artinya dengan variabel yang ada dalam model hanya mampu menjelaskan sekian persen variasi dari model....sisanya dijelaskan oleh variabel lain yang tidak diperhitungkan dalam model....

Unknown said...

Kak.. saya suci. Saya mau nanya kak, penelitian saya menggunakan 4 variabel, 1 variabel terikat dan 3 variabel bebas. Dan memiliki nilai R adjusted square yang kecil hanya 22,1% padahal ke 3 variabel bebasnya signifikan. Apakah itu masih masuk akal atau bagaimana kak? Sebelumnya saya menggunakan regresi robust dengan estimasi S. Mohon penjelasannya kak

Unknown said...

P

Unknown said...

Assalamualaikum Kak.. saya suci. Saya mau nanya kak, saya menggunakan 4 variabel yaitu 1 variabel terikat dan 3 variabel bebas. Dan memiliki nilai R adj square yang kecil hanya 22,1%. Padahal ke 3 variabel bebasnya siginifikan. Apakah hasil seperti itu masih masuk akal kak? Sebelumnya saya menggunakan regresi robust dengan Estimasi Scale. Mohon penjelasannya kak��

Unknown said...

Assalamualaikum Kak.. saya suci. Saya mau nanya kak, saya menggunakan 4 variabel, 1 variabel terikat dan 3 variabel bebas. Dan memiliki nilai R adj square yang kecil hanya 22,1%. Padahal ke 3 variabel bebasnya siginifikan. Apakah itu masuk akal kak? Sebelumnya saya menggunakan regresi robust dengan Estimasi Scale. Mohon penjelasannya kak��

Ferdian Fadly said...

Waalaikumsalam...salah satu cara mendeteksi penelitian kita masuk akal atau tidak adalah dengan membandingkannya dengan penelitian lain yang serupa...kalau menghasilkan nilai R-squared yang mirip2 juga..berarti ga masalah...kalau boleh tahu penelitiannya tentang apa? coba tanya via email saja..kalau misalnya ragu sebutkan penelitiannya disini...

Unknown said...

Assalamualaikum kak, izin bertanya. Saya menggunakan REM, apakah masih perlu dilakukan uji asumsi klasik?. Lalu adj r squared saya - 0,0376. Itu bagaimana ya kak kirakira? Terimakasih kak🙏

Ferdian Fadly said...

@unknown : waalaikumsalam : eliminasi variabel yang less important...

.Rizky said...

Assalamualaikum kak ferdian. Saya rizky, saya mau tanya bila nilai adjusted R² saya tinggi yaitu 92,2 dan yang diterima 2 variabel dan ditoak 3 variabel. Saya mau minta solusinya?

.Rizky said...

Assalamualaikun kak ferdian. Saya rizky, saya mau tanya bila nilai adjusted R² saya 92,2 dan hasil penelitian 2 diterima dan 3 ditolak gimana solusinya. Mohon pencerahannya

Media Kreasi said...

Kak maaf mau tanya, saya sedang melakukan penelitian dengan 43 sampel dan menggunakan 4 variabel bebas serta 1 variabel terikat, hasil dari uji instrumen (validitas dan reliabilitas) lolos, hasil uji asumsi klasik (normalitas, heterokedastisitas, multikolinearitas, autokorelasi dan linearitas) juga lolos, uji t parsial juga t hitung > t tabel dan nilai sig ke empat variabel 0,000 0,001 0,003 0,000, uji F pun lolos , di cek r square nilai pengaruhnya 94,1% apakah itu wajar?

Unknown said...

Ka aku mau nanya hasil r squared aku 0.990. ada 3 variabel x dan semuanya berpengaruh positif dan uji multiko sama heteros nya juga lolos. Itu ada masalah sama data atau gimana ya?

Unknown said...

Halo ka aku ihfa mau bertanya hasil r squared ku tinggi 0.990 model terpilihnya fixed effect. ada 3 variabel semuanya berpengaruh positif. Uji multikol sama heteros juga udh lolos. Itu gimana ya ka ada masalah atau gimana?

emban said...

selamat malam pak/mas, izin bertanya mengenai nilai R2/adj R2 pada data time series 5 var indep, 1 dependen dianalisis menggunakan metode ECM untuk nilai adj R2 persmaan jangka panjang sekitar 99.87 persen, untuk pers jangka pendek 98.36 persen, untuk asumsi klasik normalitas, homos, nonautokol, dan non multikol sudah terpenuhi, untuk hal spt ini apakah tidak apa2 pak/mas? terimakasih

Cindy said...

Assalamualaikum kak ferdian. Saya Cindy, saya sedang mengerjakan skripsi kak untuk model regresi saya sudah memenuhi asumsi klasik dan dari 8 variabel independen terdapat 5 variabel yang sgnifikan tetapi nilai r square saya sangat kecil kak sebesar 0,289. bagaimana ya kak? Terimakasih

Rizka said...

Hallo kak, maaf saya ingin bertanya kak jika hasil uji R squared saya hanya 0.03 apakah ada masalah? Saya menggunkan REM kak, dan menggunakan 3 variabel bebas, dan 1 variabel yang berpengaruh. Mohon bantuanya kak terimakasih banyak

Unknown said...

Assalamu'alaikum kak, izin bertanya hasil r-squaredku tinggi 99%, kata dosen pembimbing itu otomatis terkena multikolinearitas, lalu bagaimana ya kak solusinya? Terimakasih

Novita Nor Sohada said...

Kaa bolehh bantu permasalahannyaa sama seperti fadli

Novita Nor Sohada said...

Kaa fadli aku mau nnya dong jika r square nya 21% saja dan hanya variabel 1 yang diterima bagaimana yaa ka

Tasya Via said...

Halo mas ferdian,

Maaf menganggu saya sangat kebungungan sekali. R squared saya tinggi sekali 98% tetapi dari 4 variabel bebas hanya 2 yang berpengaruh. Saya menggunakan fem, cara saya memperbaiki ini bagaimana kah? Saya sudah menciba tranformasi data tapi hasilnya sama aja bahkan hanya berkurang 1-2% saja😩

Anonymous said...

Assalamualaikum kak, kak nilai Adj r square aku 9,2 % . itu gimana ya kak?? aku jga jadinua takut, kok tinggi sekali nilai nya kak. mohon bantuannya kak

Anonymous said...

Menciptakan dummi ini bagaimana pak caranya? Apa ditambahkan variabel dummi di exel?

«Oldest ‹Older   201 – 328 of 328   Newer› Newest»

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Web Hosting Coupons