Wednesday, February 10, 2016

Pengertian dan Jenis-jenis Model

     Bayangkan, kita diminta oleh instansi/perusahaan untuk mengetahui hubungan antara harga dan kuantitas produksi suatu barang. Dengan mengetahui hal tersebut, kita bisa memberikan sedikit rekomendasi kepada instansi/perusahaan terkait dengan kebijakan tingkat produksi suatu barang. Apa yang sedang kita ilustrasikan merupakan salah satu contoh bagian dari Modelling. Modelling merupakan seni membangun model, pencarian hubungan antar variabel satu dengan variabel lainnya.

Pengertian Model
     Menurut Dr. Mahyus Ekananda, “Model merupakan gambaran dari gejala yang sebenarnya, seperti sistem atau proses yang sebenarnya”. Sehingga dengan model, gejala atau fenomena tersebut dapat dijelaskan, diprediksi, dan dikontrol sesuai dengan tujuan ekonometrika (Analisis Struktural, Peramalan dan Evaluasi Kebijakan).
     Model merupakan suatu perpaduan antara realitas (kenyataan) dan interpretatif (dapat diinterpretasikan). Model yang baik (good model) adalah model dengan spesifikasi cukup rinci sehingga dapat menangkap realitas yang ada, dan disaat yang sama dengan spesifikasi yang cukup sederhana sehingga interpretatif (dapat diinterpretasikan) untuk dianalisis dan diambil kesimpulan. Beberapa orang terkadang sering terjebak dalam keadaan ingin membangun model serinci rincinya, sehingga malah tidak bisa dianalisis dan disimpulkan. Beberapa orang lainnya justru tidak memiliki esensi karena tidak menangkap realitas yang ada, meskipun modelnya cukup sederhana dan interpretatif. 2 kelompok yang kita sebut belakangan ini merupakan model yang tidak baik (bad model).
     Pembangunan model (modelling) merupakan sebuah seni. Setiap orang bisa punya gambaran yang berbeda dalam menangkap fenomena yang ada dan memiliki pandangan/pendapat berbeda dalam membangun suatu model meskipun dihadapkan pada permasalahan yang sama. Perbedaan tersebut bisa berasal dari background-nya, Kerangka berpikir-nya, taste-nya, dan sumber daya yang tersedia (data, biaya, tenaga, waktu, dan sebagainya). Berikut kami sampaikan beberapa contoh jenis model untuk informasi kita semua.

Jenis Model
Model-model dalam analisis ekonomi ada banyak sekali, diantaranya :
1. Model Verbal/ Logika
Model yang dihasilkan dengan jenis ini disebut paradigma. Contoh paradigma paling awal dan masih dipakai hingga saat ini diciptakan oleh Adam Smith, seorang pendiri aliran klasik.
- Konsep pembagian kerja buruh (Division of Labor)
- Tangan tak kentara (Invisible Hands)
2. Model Fisik
Model yang berlandaskan pada beberapa teori fisika. Contoh model yang paling terkenal adalah model hidrolik (MONIAC) yang diciptakan oleh William Phillips, seorang ahli ekonomi dan penemu dari Kurva Phillips. Model ini memanfaatkan sifat uang sebagai aliran moneter dalam perekonomian seperti arus dalam papan sirkuit listrik.
3. Model Geometri
Model ini menggunakan diagram untuk menjelaskan hubungan antar variabel. Model ini biasanya digunakan untuk variabel yang tidak banyak. Semakin banyak variabel/dimensinya maka model ini akan semakin sulit diinterpretasikan. Untuk model dengan variabel yang banyak, para peneliti biasanya menggunakan model matematika.
4. Model Matematika
Model ini mewakili realitas (kenyataan yang ada) melalui sistem persamaan yang diekspresikan secara matematika. Contoh model matematika yang paling terkenal adalah model-model berbasis keseimbangan umum, seperti Analisis Input Ouput (I-O) dan Social Accounting Matrix (SAM). Meskipun disajikan dalam bentuk table, IO dan SAM sesungguhnya adalah kumpulan beberapa persamaan matematika yang saling terkait satu dengan lainnya. Wujud alat analisis ini akan semakin terlihat jika kita mempelajari pengembangan dari keduanya, yaitu model Computable General Equilibrium (CGE).
5. Model Ekonometrika
Menurut Wooldridge, “Econometrics is based upon the development of statistical methods for estimating economic relationships, testing economic theories, and evaluating and implementing government and business policy.
Model ini menggunakan metode statistika untuk menjelaskan hubungan antar variabel ekonomi. Penekanan model ini adalah penggunaan metode statistika untuk memperoleh hasil empiris berdasarkan model yang dibangun. Sehingga, perkembangan metode statistika berkontribusi penting dalam perkembangan model ekonometrika. Model ini begitupun dengan metode statistika dapat didekati menggunakan 2 aliran, klasik dan Bayesian.

     Ada banyak model lagi yang bisa kita diskusikan (seperti Agent-Based modelling, dst), tetapi mungkin didiskusikan dan disampaikan di lain kesempatan. Pada intinya di kesempatan ini, kami ingin menyampaikan bahwa modelling adalah seni membangun model. Setiap orang berhak untuk memiliki gambar mereka mengenai permasalahan/fenomena yang ada. Meskipun belum sempat dibahas kelebihan dan kekurangan tiap jenis model (mungkin di lain kesempatan), anggapan model orang lain lebih inferior dibandingkan model yang kita bangun adalah anggapan yang keliru. Seharusnya, kita dapat menghargai model yang dibangun orang lain, meskipun berbeda jenis dengan model yang biasa kita bangun. Pada akhirnya, tujuan kita sama menjelaskan hubungan-hubungan dari gejala dan fenomena yang ada. Terakhir, tidak lupa kami mengutip sebuah pernyataan oleh George Box dan William Hunter, “The most that can be expected from any model is that it can supply a useful approximation to reality: All models are wrong, but some are useful”.
     Demikian diskusi kita terkait dengan model dan jenis-jenisnya. Tetap semangat. Terimakasih telah membaca. Kami tunggu kritik, saran dan pendapatnya.

Salam
Ferdi
Neraca Wilayah dan Analisis Statistik

Refererences
Ekananda, Mahyus. 2015. Ekonometrika Dasar. Jakarta:Mitra Wacana Media.
Gujarati, Damodar and Dawn Porter. 2008. Basic Econometrics – Fifth Edition. New York: McGraw Hill.
Greene, William H. 2012. Econometric Analysis- 7th Edition. New York: Prentice Hall.
Wooldridge, Jeffrey M. 2013. Introductory Econometrics: A Modern Approach,Fifth Edition. USA: South Western.
www.en.wikipedia.org/wiki/All_models_are_wrong

14 comments :

NAIM FARHANI said...

Makasih pak ferdi 😁

NAIM FARHANI said...

Makasih pak ferdi 😁

Ferdian Fadly said...

@Naim : sama sama mas

Unknown said...
This comment has been removed by the author.
Unknown said...

Perkenalkan, saya dari tim kumpulbagi. Saya ingin tau, apakah kiranya anda berencana untuk mengoleksi files menggunakan hosting yang baru?
Jika ya, silahkan kunjungi website ini www.kumpulbagi.com untuk info selengkapnya.

Di sana anda bisa dengan bebas share dan mendowload foto-foto keluarga dan trip, music, video, filem dll dalam jumlah dan waktu yang tidak terbatas, setelah registrasi terlebih dahulu. Gratis :)

Unknown said...
This comment has been removed by the author.
Unknown said...

Anda memiliki masalah dalam penelitian, skripsi, tesis, dan disertasi anda?? Kami solusinya..
Kami menyediakan jasa konsultasi olah data statistik
Permasalahan anda akan ditangani dengan cepat oleh para profesional yang kompeten di bidang statistik dan ekonometri.
Software statistik yang biasa digunakan diantaranya
1. SPSS, 2. Stata, 3. E-views, 4. Lisrel, 5. Smart-PLS, 6. Program-R, dsb.

Tunggu apalagi.. Hubungi Kami..
Alkhwrizmi Consultan : 0812 7578 4200
Email : alkhwrizmi@gmail.com
www.alkhwrizmi.blogspot.com

Unknown said...
This comment has been removed by a blog administrator.
Unknown said...

Anda Kebingungan Dan Kesulitan Menyelesaikan Skripsi, Tesis, Disertasi
Karena Pusing Mikirin Olah Data Analisis Statistika Dengan SPSS, AMOS
LISREL, EVIEWS, SMARTPLS, DEA
Serahkan Dan Percaya Kepada Kami.
Kami Siap Bantu Anda.
Olah Data Semarang (Timbul Widodo)
WA : +62 852-2774-6673
IG : olahdatasemarang

adhe donat said...
This comment has been removed by a blog administrator.
Unknown said...

@Naim sumbernya yang mana ya mas hehe

Unknown said...

Terimakasih Pak Ferdi, sangat membantu

nadhillahhehe said...

Membantu dan berguna sekali, terimakasih banyak pak!

Ferdian Fadly said...

Alhamdulillah

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Web Hosting Coupons